Wanita

Seperti Selvi Ananda, Ini yang Dirasakan Wanita Usai Operasi Caesar

Pemulihan operasi caesar bisa lebih lama daripada pemulihan melahirkan normal.

Rima Sekarani Imamun Nissa | Rosiana Chozanah

Gibran Rakabuming bersama keluarga saat mengunjungi pameran makanan tradisional di The Sunan Hotel Solo, Selasa (29/10/2019). [Suara.com/Ari Purnomo]
Gibran Rakabuming bersama keluarga saat mengunjungi pameran makanan tradisional di The Sunan Hotel Solo, Selasa (29/10/2019). [Suara.com/Ari Purnomo]

Himedik.com - Kelahiran putri kedua menantu Presiden Joko Widodo pada Jumat (15/11/2019) langsung menyita perhatian masyarakat Indonesia. Bahkan, nama La Lembah Manah menjadi trending nomor satu di media sosial, terutama Twitter.

Diketahui Selvi Ananda melahirkan melalui proses caesar pada pukul 15.46 WIB, di RS PKU Muhammadiyah, Solo.

Putri kedua Gibran Rakabuming Raka ini dilahirkan dengan berat 2,9 kilogram dan panjang tubuh 46,6 sentimeter.

Berdasarkan penuturan Dr. Soffin Arfian, langkah operasi caesar diambil lantaran indikasi untuk itu lebih kuat.

"Alhamdulillah semua sehat. Proses persalinan juga lancar. Proses operasi berlangsung sekitar satu jam," kata Dr. Soffin, mengutip Solopos, partner Suara.com.

Presiden Jokowi menggendong Jan Ethes saat menemui wartawan di RS PKU Muhammadiyah, Solo, Jumat (15/11/2019). [Solopos]
Presiden Jokowi menggendong Jan Ethes saat menemui wartawan di RS PKU Muhammadiyah, Solo, Jumat (15/11/2019). [Solopos]

Ia menambahkan, timnya akan merawat Selvi Ananda hingga hari pascaoperasi.

Jauh berbeda dengan persalinan pervaginam atau normal, persalinan caesar mungkin membutuhkan waktu lama untuk pulih.

Melansir Medical News Today, pemulihan penuh dari operasi caesar memakan waktu 4 hingga 6 minggu. Namun setiap perempuan berbeda, beberapa penelitian menunjukkan 60% perempuan mengalami rasa sakit pada sayatan hingga 24 minggu atau 6 bulan setelah melahirkan.

Jika perempuan melahirkan normal bisa pulang pada hari yang sama saat melahirkan, umumnya mereka yang operasi caesar justru disarankan untuk tinggal di rumah sakit 2 hingga 4 hari.

Salah satu risiko terbesar proses persalinan ini adalah mengembangkan pembekuan darah di kaki, tetapi ini lebih mungkin terjadi pada perempuan dengan kelebihan berat badan. Pada perempuan yang tidak mengalaminya, lebih disarankan untuk bergerak.

Dalam 24 jam pertama pasca operasi, biasanya mereka akan merasakan sakit di tempat sayatan.

Banyak perempuan juga merasakan kram saat rahim menyusut. Sensasi ini mirip dengan kram menstruasi, tetapi kemungkinan lebih intens.

Sedangkan dokter atau perawat akan secara berkala memonitor sayatan untuk melihat apakah ada tanda infeksi. Mereka juga akan memeriksa pendarahan pada vagina.

Pendarahan ini biasanya berlangsung selama 4 hingga 6 minggu, tetapi paling berat dirasakan selama hari-hari pertama setelah kelahiran.

Berita Terkait

Berita Terkini