Wanita

Jangan Malas Bersihkan Eyelash Extension, Bisa Jadi Sarang Kutu!

Bagi wanita yang tidak pernah membersihkan ekstensi bulu matanya bisa dihinggapi kutu.

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni

Bulu mata. (pixabay)
Bulu mata. (pixabay)

Himedik.com - Saat ini banyak perempuan melakukan tanam bulu mata atau eyelash extension untuk mempercantik penampilan. Tetapi, banyak pula yang mungkin tidak peduli kebersihan bulu matanya sehingga dihinggapi kutu.

Beberapa orang memilih tidak mencuci atau membersihkan ekstensi bulu matanya karena khawatir jika bulu matanya rontok jika dibersihkan.

Padahal kurangnya kesadaran untuk membersihkan ini bisa menyebabkan penumpukan bakteri yang mengakibatkan perkembang biakan kutu bulu mata.

Dalam istilah medis dilansir dari Mirror, kutu bulu mata disebut sebagai demodex, yakni sejenis kutu yang hidup di kelenjar minyak foliker rambut manusia.

Biasanya orang yang memiliki kutu bulu mata ini akan merasakan gatal, kemerahan dan peradangan.

Ilustrasi perempuan melakukan ekstensi bulu mata (Shutterstock)
Ilustrasi perempuan melakukan ekstensi bulu mata (Shutterstock)

Seperti yang Anda ketahui ekstensi bulu mata tengah menjadi perawatan kecantikan populer yang ditawarkan oleh salon maupun klinik. Karena mereka menawarkan penanaman bulu mata semi permanen yang terlihat lebih panjang dan penuh.

Proses pemasangan bulu mata ini pun menggunakan lem dan diikat ke bulu mata asli. Biasanya proses ekstensi bulu mata membutuhkan waktu sekitar 3 jam dan bulu mata bisa bertahan sekitar 6 minggu.

Dokter Sairah Malik mengatakan banyak orang tidak membersihkan ekstensi bulu matanya karena takut terjadi sesuatu, seperti kerontokan. Sehingga ia mejelaskan cara membersihkan bulu mata palsu yang aman.

Ekstensi bulu mata. (shutterstock)
Ekstensi bulu mata. (shutterstock)

"Kami merekomendasikan membersihkan ekstensi bulu mata dengan minyak pohon teh yang memiliki sifat antibakteri dan penyembuhan. Orang bisa menggunakan minyak pohon teh untuk membersihkan ekstensi bulu mata setiap hari," kata Sairah Malik.

Ahli bedah asal Florida, dr Parbhu pun menceritakan kasus salah satu pasiennya bernama Ashley yang mengalami mata bengkak setelah melakukan ekstensi bulu mata di salah satu salon.

Ashley mengungkapkan bahwa ekstensi bulu matanya penuh dengan demodex atau kutu bulu mata yang membuat matanya bengkak.

Akibat kasus tersebut, dokter juga memperingatkan bahwa peralatan salon yang tidak bersih juga bisa menyebabkan pertumbuhan kutu bulu mata.

Berita Terkait

Berita Terkini