Wanita

Kontrasepsi Penting untuk Ibu Indonesia, Ketahui Manfaat dari Pil KB

Lebih dari 24% perempuan di Indonesia memilih Pil KB untuk menjaga jarak atau menunda kehamilan perempuan Indonesia.

Yasinta Rahmawati | Rosiana Chozanah

Alat kontrasepsi (DKT Indonesia)
Alat kontrasepsi (DKT Indonesia)

Himedik.com - Demi mewujudkan peran ibu dalam merencanakan kebahagiaan keluarga , Kementerian Kesehatan telah menetapkan tiga peran utama Ibu dalam mengambil keputusan agar berdaya dalam rumah tangga.

"Tiga peran (tersebut) yaitu keterlibatan dalam mengambil keputusan yang berkaitan dengan kesehatan termasuk keputusan ber-KB, keuangan, hingga membangun hubungan dalam keluarga," tutur Brand Manager Andalan Kontrasepsi, Melati Gultom, dalam acara 'Berani Menjadi Ibu' di Ha-Ka Restaurant, Jakarta, Jumat (6/12/2019).

Berkaitan dengan kontrasepsi, ia mengatakan saat ini masih banyak perempuan Indonesia yang bingung dan belum tahu cara memilih metode kontrasepsi yang cocok bagi dirinya maupun enggan menggunakannya.

Alasannya, kata Melati, adalah, "mitos yang beredar, bingung menentukan jenis kontrasepsi yang tepat, maupun tidak tahu bagaimana cara menggunakannya dan kapan memulainya."

Andalan Kontrasepsi (DKT Indonesia)
Andalan Kontrasepsi (DKT Indonesia)

Salah satu metode kontrasepsi yang bisa memberikan manfaat kesehatan dan kecantikan adalah Pil KB. Lebih dari 24% perempuan di Indonesia memilih Pil KB untuk menjaga jarak atau menunda kehamilan mereka.

Menurut dr. Matthew Simangunsong, Sp.OG, berbagai manfaat Pil KB adalah:

  • Efektif untuk menunda kehamilan apabila diminum secara teratur setiap hari, pada jam yang sama, dengan tingkat efektivitas 99%.
  • Mengkonsumsi pil kb membantu mengurangi jumlah darah haid sehingga mengurangi resiko anemia.
  • Menyeimbangkan hormon, sehingga membantu menstruasi menjadi teratur.
  • Mengurangi risiko kanker ovarium sebesar 21%.
  • Mengembalikan kesuburan dengan cepat, setelah berhenti mengonsumsinya.

Pil KB saat ini memiliki kandungan hormonal yang rendah serta diciptakan dengan nilai lebih, salah satunya seperti memiliki kandungan zat besi, tandasnya.

Berita Terkait

Berita Terkini