Wanita

Kenali Gejala Serangan Jantung pada Wanita, Termasuk Gangguan Pencernaan

Serangan jantung pada wanita jauh lebih berbahaya karena gejala-gejalanya tidak biasa.

Rima Sekarani Imamun Nissa | Shevinna Putti Anggraeni

Ilustrasi serangan jantung - (Shutterstock)
Ilustrasi serangan jantung - (Shutterstock)

Himedik.com - Serangan jantung terjadi akibat gangguan aliran darah ke jantung karena berbagai faktor. Kondisi ini bisa mengancam nyawa jika tidak ditangani dengan benar dan cepat.

Karena itu, mendeteksi gejala-gejala awal serangan jantung sangat penting untuk mendapat perawatan medis segera, terutama wanita. Cara ini bisa menyelematkan hidup mereka sebelum serangan jantung merenggut nyawanya.

Sebab dilansir dari medicalnewstoday.com, wanita lebih kecil kemungkinannya selamat dari serangan jantung pertama daripada pria. Hal ini terjadi mungkin wanita dan pria memiliki gejala serangan jantung yang berbeda.

Wanita lebih cenderung mengalami serangan jantung diam atau menunjukkan gejala yang tidak biasa. Selain itu, wanita menciptakan faktor risiko unik serangan jantung karena beberapa penyakit, seperti sindrom ovarium polikistik (PCOS).

Penelitian menunjukkan bahwa wanita mengalami gejala selama beberapa minggu sebelum serangan jantung. Studi tahun 2003 pun telah membuktikannya dengan meneliti 515 wanita yang mengalami serangan jantung.

Hasilnya, 80 persen wanita mengalami setidaknya 1 gejala sejak 4 minggu sebelum serangan jantung. Gejala ini bersifat konstan yang datang dan pergi, terkadang juga mengganggu tidur.

Kenali Gejala Serangan Jantung pada Wanita, Termasuk Gangguan Pencernaan - 1
ilustrasi wanita serangan jantung (shutterstock)

Adapun 8 gejala serangan jantung yang mungkin terjadi pada wanita, antara lain:

1. Nyeri dada

Gejala umum serangan jantung adalah nyeri dada yang berupa keketatan, tekanan, tindihan dan rasa sakit di dada. Namun, wanita dapat mengalami serangan jantung tanpa nyeri dada.

Penelitian 2003, sebanyak 29 persen wanita mengalami ketidaknyamanan di dada beberapa minggu sebelum serangan jantung. Tapi, 57 persen wanita baru mengalami nyeri dada ketika serangan jantung.

2. Kelemahan

Kelemahan atau mudah goyah juga termasuk gejala umum serangan jantung pada wanita. Biasanya kelemahan ini disertai kegelisahan, pusing hingga pingsan.

3. Berkeringat

Keringat berlebihan tanpa penyebab normal termasuk gejala serangan jantung pada wanita. Selain itu, rasa dingin dan lembab juga bisa menjadi indikator masalah jantung.

Kurang Tidur, gangguan tidur, imsonia. (Shutterstock)
Ilustrasi gangguan tidur. (Shutterstock)

4. Gangguan tidur

Hampir setelah wanita yang mengalami serangan jantung juga melaporkan masalah gangguan tidur beberapa minggu sebelumnya. Gangguan tidur ini termasuk kesulitan tidur nyenyak, begadang sepanjang malam, merasa lelah meski cukup tidur.

5. Masalah pencernaan

Beberapa wanita mungkin merasakan sakit atau tekanan di perut sebelum serangan jantung. Masalah pencernaan lainnya yang terkait dengan kemungkinan serangan jantung bisa termasuk, gangguan pencernaan, mual, dan muntah.

Berita Terkait

Berita Terkini