Wanita

Sembuh dari Corona Covid-19, Nenek 98 Tahun asal Wuhan Dipulangkan

Hu menjadi orang tertua yang sembuh dari corona Covid-19.

Yasinta Rahmawati

Corona Covid-19. (Shutterstock)
Corona Covid-19. (Shutterstock)

Himedik.com - Seorang nenek berusia 98 tahun telah dipulangkan dari sebuah rumah sakit di kota Wuhan, China, usai dinyatakan sembuh dari corona Covid-19.

Ini menjadikannya sebagai orang tertua di dunia yang selamat dari penyakit mematikan itu, menurut sebuah laporan, dilansir dari NY Post.

Wanita itu yang diidentifikasi dengan nama belakang Hu, mengalami demam bulan lalu dan dirawat di Rumah Sakit Leishenshan bersama dengan putrinya yang berusia 55 tahun, yang juga terinfeksi virus corona Covid-19, lapor kantor berita Xinhua.

Dia masuk dalam kondisi kritis dengan demam 104 derajat Fahrenheit. Setelah menjalani pengobatan anti-virus dan perawatan lain, wanita berusia hampir seratus tahun itu membuat pemulihan penuh.

Namun tidak begitu jelas bagaimana dokter menentukan bahwaHu tidak lagi menderita penyakit mematikan itu. Biasanya, tes asam nukleat dilakukan untuk memeriksa keberadaan virus.

Ilustrasi nenek. (Unsplash/Nick K)
Ilustrasi nenek. (Unsplash/Nick K)

Tetapi seorang ahli pernapasan China di Provinsi Hubei, baru-baru ini mengatakan bahwa beberapa orang yang dikatakan telah pulih dari Covid-19 masih bisa dinyatakan positif.

"Ini berbahaya. Di mana Anda menempatkan pasien-pasien itu? Anda tidak bisa mengirim mereka pulang karena mereka mungkin menulari orang lain, tetapi Anda tidak bisa memasukkan mereka ke rumah sakit karena sumber dayanya melebar," kata Zhao Jianping kepada Southern People Weekly, menurut South China Morning Post.

Berita Terkait

Berita Terkini