Wanita

Indira Kalistha Mengaku Introvert, Psikiater Andri Paparkan Ciri-cirinya!

Indira Kalistha ngaku berkepribadian introvert ketika mengklarifikasi pendapatnya mengenai virus corona Covid-19.

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni

Indira Kalistha (Instagram/@indirakalistha)
Indira Kalistha (Instagram/@indirakalistha)

Himedik.com - Kepribadian introvert tengah menjadi perbincangan setelah selebgram Indira Kalistha mengakui dirinya seorang introvert. Indira mengakui keperibadiannya itu ketika meminta maaf soal ucapannya yang terkesan meremehkan virus corona Covid-19 dalam channel YouTube Gritte Agatha.

"Sebenarnya itu tuh, aku nggak pernah kolaborasi yang ngobrol-ngobrol seserius itu. Bahkan aku kolaborasi yang ketawa-ketawa aja itu aku deg-degan banget, karena aku orangnya introvert," kata Indira dikutip dari tayangan YouTube Deddy Corbuzier, Minggu (17/5/2020).

Sejauh ini masyarakat awam menilai orang berkepribadian introvert adalah sosok yang pendiam, sulit bicara dengan orang lain, aneh hingga tertutup.

Lantas, dr Andri SpKJ menjelaskan bahwa gambaran umum tentang orang yang introvert pendiam atau tidak mau berbicara dengan orang lain dinilai kurang sesuai.

"Sebenarnya orang introvert bisa menjadi orang yang hangat, menarik sebagian orang untuk berbicara dengan orang. Mereka juga orang yang punya kekuatan luar biasa dalam mengubah dunia," kata dr Andri dalam channel Youtube Andri Psikosomatik.

Adapun ciri-ciri introvert yang dijabarkan oleh dr Andri, antara lain:

dr Andri jelaskan soal introvert (Instagram/@andripsikosomatik)
dr Andri jelaskan soal introvert (Instagram/@andripsikosomatik)

1. Suka kesendirian dan lebih menikmati waktu sendiri

Pada situasi seperti sekarang, orang yang ekstrovert mungkin akan lebih sulit menghadapinya karena membatasi ruang bergaulnya dengan teman-teman.

Sedangkan orang introvert lebih suka kesendirian untuk menghabiskan waktu membaca buku atau bermain game. Situasi ini sekarang justru memberi kesempatan mereka untuk sendiri.

Kesendirian membantu mereka menjadi prbadi lebih baik dan produktif. Bahkan mereka sangat senang dengan kesendirian.

2. Lebih baik dalam kondisi sendirian

Orang introvert akan menjadi lebih efektif, memiliki pemikiran yang cemerlang hingga kemampuan luar biasanya dalam mengerjakan sesuatu ketika sendiri. Bagi introvert, kesendirian adalah waktu yang tepat untuk menunjukkan sisi terbaiknya.

3. Orang yang bisa mempimpin diri sendiri

Biasanya, orang introvert justru bisa mempimpin dirinya sendiri. Tapi, ia tetap membutuhkan pemimpin dalam situasi tertentu, contohnya dalam berkelompok.

Kita bisa melihat seseorang introvert atau ekstrovert dalam suatu kelompok. Biasanya introvert akan memilih sebagai anggota dan mengikuti perkataan pemimpinnya.

ilustrasi makan sendirian - (Unsplash/Chetan Hireholi)
ilustrasi makan sendirian - (Unsplash/Chetan Hireholi)

 

4. Tidak akan mengutarakan pendapat tanpa ditanya

Orang introvert tidak akan mengajukan diri sebagai pemimpin suatu kelompok, berbeda dengan ekstrovert. Begitu pula sikapnya ketika menyampaikan pendapat. Mereka tidak akan mengutarakan pendapatnya tanpa ditanya dulu oleh seseorang.

Sama halnya ketika ia berinteraksi dengan orang lain. Orang introvert tidak akan memulai pembicaraan lebih dulu dengan orang lain. Bahkan mereka mungkin lebih memilih menghindarinya dengan cara memakai headphone.

5. Lebih senang mendengarkan musik pakai headphone

Orang introvert biasanya lebih sering memakai headphone atau sesuatu yang serupa ketika di tengah keramaian. Cara ini untuk membantu mereka menciptakan suasana sendiri. Karena, mereka akan lebih nyaman dalam kesendirian.

6. Orang yang cinta damai

Orang introvert juga cenderung menghindari berhubungan dengan orang yang sedang marah atau kesal. Karena, mereka adalah pribadi yang cinta damai dan tidak mau terlibat dalam konflik.

Berita Terkait

Berita Terkini