Wanita

Zaskia Adya Mecca Hamil Anak Kelima, Adakah Batasan Wanita Bisa Hamil?

Banyak orang mungkin tercengang ketika mendengar Zaskia Adya Mecca hamil anak kelima.

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni

Zaskia Adya Mecca hamil anak kelima [Suara.com/Revi Cofans Rantung]
Zaskia Adya Mecca hamil anak kelima [Suara.com/Revi Cofans Rantung]

Himedik.com - Sekarang ini istri Hanung Bramantyo, Zaskia Adya Mecca sedang hamil anak kelima. Artis cantik itu mengumumkan kehamilan kelimanya bertepatan momen Lebaran.

Mulanya, ia membuat caption perut besar itu akibat mengonsumsi lontong opo, sambal goreng hati dan makanan lebaran lainnya. Beberapa hari setelahnya, Zaskia akhirnya mengaku sedang hamil anak kelima.

"Oke benerrr, isinya bayi yang dikasih makan ketupat juga lontong sayur dan sambek goreng ati juga opor," tulis Zaskia pada keterangan foto.

Sebelumnya, Zaskia Adya Mecca dan Hanung Bramantyo sudah dikaruniai 4 anak, yakni Sybil, Kala, Kaba dan Bhre. Kehamilan kelima ini tentu membawa kebahagiaan bagi rumah tangga mereka.

Tetapi, apakah ada batasan berapa kali wanita bisa hamil? Karena, banyak orang mungkin tercengang ketika mendengar Zaskia Adya Mecca hamil anak kelima.

Ilustrasi ibu hamil. (Shutterstock)
Ilustrasi ibu hamil. (Shutterstock)

Pada dasarnya dilansir oleh hellosehat.com, kehamilan bisa terjadi bila ada pembuahan yang memerlukan sel telur dan sperma.

Sel telur wanita ini biasa akan luruh saat menstruasi yang mulai di masa pubertas, biasanya dimulai sejak usia 12 tahun. Sel telur ini akan habis bila wanita sudah memasuki masa menopause.

Karena itu, tidak ada batasan kaku mengenai bera[a kali wanita bisa hamil. Wanita bisa hamil beberapa kali tergantung pada ketersediaan sel telurnya. Selain ketersediaan sel telur, kondisi kesehatan fisik dan mental sang ibu juga perlu diperhatian sebelum hamil lagi.

Meski begitu, wanita yang hamil dan pernah melahirkan lebih dari 5 kali mungkin memiliki risiko masalah kesehatan tertentu.

Seorang wanita yang melahirkan lebih dari 5 sampai 6 kali disebut multi gravida atau multi paritas. Multi gravida adalah berapa kali orang hamil dan mulit paritas itu seberapa banyak orang melahirkan.

Adapun risiko bila wanita hamil dan melahirkan berkali-kali, yaitu preeklampsia, prolaps uteri, plasenta pravia dan sulit membesarkan anak dalam jumlah banyak sekaligus.

Berita Terkait

Berita Terkini