Wanita

Efek Vaksin Covid-19 pada Wanita: Muncul Benjolan Mirip Kanker Payudara

Apakah efek ini berbahaya?

Yasinta Rahmawati | Rosiana Chozanah

Ilustrasi ketiak. (Envato Elements)
Ilustrasi ketiak. (Envato Elements)

Himedik.com - Organisasi pencitraan payudara Amerika Serikat atau Society of Breast Imaging (SBI memperingatkan efek samping 'aneh' pada wanita setelah vaksinasi Covid-19. Karenanya, mereka menyarankan jangan menjalani mammogram dalam empat minggu setelah vaksin.

Berdasarkan surat edaran mereka, wanita dapat mengalami pembengkakan dan benjolan kelenjar getah bening di ketiak (adenopati ketiak) yang dapat disalahartikan sebagai tanda kanker payudara.

Dalam kasus kanker payudara, adenopati ketiak bisa menjadi tanda bahwa kanker telah menyebar, menurut Health.

Surat edaran ini dibuat setelah mereka mendapat laporan ada 11,6% pasien wanita yang mendapat vaksin Moderna mengalami pembengkakan maupun nyeri setelah menerima dua dosis vaksin.

Gejala ini lebih jarang terjadi pada wanita yang menerima vaksin Pfizer/BioNTech.

Cara Putihkan Ketiak yang Hitam dengan Bahan Alami
Ilustrasi benjolan di ketiak (Shutterstock)

SBI menduga tingkat kejadian sebenarnya dari adenopati ketiak lebih tinggi. Artinya, kemungkinan ada banyak wanita yang mengalami efek samping ini tetapi tidak melaporkannya atau memerhatikannya.

"Jika memungkinkan, dan jika tidak terlalu menunda perawatan, pertimbangkan untuk menjadwalkan pemeriksaan skrining (mammogram) sebelum dosis pertama vaksin Covid-19 atau empat hingga enam minggu setelah vaksin dosis kedua," tulis SBI.

Mereka juga menyarankan agar dokter tahu status vaksinasi pasien sebelum mammogram.

Mammogram atau mammografi merupakan tes pemindaian atau skrining yang digunakan untuk memeriksa dan mendeteksi berbagai kelainan pada payudara, seperti kanker, tumor, hingga penumpukan kalsium di jaringan payudara.

Adenopati ketiak setelah vaksin Covid-19 terjadi akibat dari reaksi sistem kekebalan tubuh terhadap vaksin.

"Kelenjar getah bening adalah bagian dari sistem kekebalan dan meski Anda disuntik di lengan luar, beberapa hari kemudian bahan vaksin akan masuk ke kelenjar getah bening lokal," jelas William Schaffner, MD, spesialis penyakit menular dan profesor di Fakultas Kedokteran Universitas Vanderbilt.

Pembengkakan ini hanya terjadi selama seminggu atau lebih dan rasa sakitnya dapat ditangani. Schaffner merekomendasikan untuk mengompres dingin area tersebut untuk meredakannya.

Berita Terkait

Berita Terkini