Wanita

Dinda Hauw Positif Covid-19 saat Hamil, Ketahui Efeknya pada Janin!

Dinda Hauw dinyatakan positif Covid-19 ketika hamil anak pertamanya dengan Rey Mbayang.

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni

Dinda Hauw dan Rey Mbayang [Suara.com/Alfian Winanto]
Dinda Hauw dan Rey Mbayang [Suara.com/Alfian Winanto]

Himedik.com - Rey Mbayang melalui unggahan Instagramnya mengabarkan dirinya dan Dinda Hauw dinyatakan positif terinfeksi virus corona Covid-19. Sedangkan, Dinda Hauw sendiri masih dalam kondisi hamil anak pertama.

"Aku dinda positif Covid-19," tulis Rey Mbayang. Unggahan Rey Mbayang yang meminta doa pun mendapatkan banyak respons dari publik maupun rekan sesama artis.

Terinfeksi virus corona Covid-19 dalam kondisi hamil, seperti Dinda Hauw pasti tidaklah mudah. Apalagi, ibu hamil termasuk kelompok yang berisiko mengalami dampak cukup parah bila terinfeksi virus corona Covid-19, virus yang mirip dengan SARS dan MERS.

Sebab, ada sejumlah laporan yang menunjukkan kasus keguguran dan kematian pada ibu hamil ketika wabah SARS dan MERS. Sehingga para ahli berpendapat bahwa efek virus corona Covid-19 pada ibu hamil mungkin akan sama dengan kedua wabah tersebut.

unggahan Rey Mbayang [Instagram/@rey_mbayang]
unggahan Rey Mbayang [Instagram/@rey_mbayang]

Menurut Royal College of Obstetricians and Gynaecologist dilansir dari Hello Sehat, daya tahan ibu hamil cenderung menurun dibandingkan orang dewasa sehat. Apalagi bila mereka terinfeksi virus corona Covid-19.

Meski begitu, banyak laporan yang memperlihatkan bahwa ibu hamil mengalami gejala virus corona Covid-19 ringan, seperti flu, demam dan gejala sedang lainnya.

Tetapi, bagaimana efeknya pada janin dalam kandungan?

Sebagian besar ibu hamil yang terinfeksi virus corona Covid-19 pasti mencemaskan kesehatan janinnya. Menurut penelitian CDC virus corona Covid-19 nampaknya tidak bisa menular dari ibu ke janin dalam rahim.

Pada penelitian ini, para ahli mencoba menguji air ketuban darah tali pusat, mengusap tenggorokan dan ASI. Hasilnya, peneliti tidak menemukan virus corona ini menular dari ibu ke janin.

Meskipun ada beberapa kasus bayi baru lahir yang dinyatakan positif virus corona Covid-19. Tapi, belum ada informasi yang membuktikan penularan terjadi di dalam kandungan.

Karena itu, Anda tetap harus menjalani protokol kesehatan sebagai tindakan pencegahan, seperti menjaga jarak, memakai masker, dan menjaga kebersihan.

Berita Terkait

Berita Terkini

wanita

Vagina Terasa Kendur? Ini Penyebabnya

Umumnya, kulit akan kehilangan kelembapan dan elastisitas seiring bertambahnya usia. Hal yang sama juga dapat terjadi pada vulva dan dinding vagina.