Wanita

Minimalisir Gejala PCOS, Yuk Konsumsi 4 Makanan Sehat Berikut

Bagi perempuan dengan PCOS, menjaga makanan menjadi hal yang diperlukan agar tak semakin parah.

Yasinta Rahmawati | Fita Nofiana

(urgentcarefl.com)
(urgentcarefl.com)

Himedik.com - Orang dengan PCOS harus menjaga hidup termasuk pola makan. PCOS adalah kelainan endokrin yang paling umum terjadi pada perempuan di mana ditandai dengan ketidakseimbangan hormon.

Melansir dari Healthsots, ketika beberapa hormon seperti estrogen, progesteron, dan androgen mulai mempengaruhi ovarium, maka kondisi ini bisa mengarah ke PCOS.

PCOS ditandai dengan gejala-gejala seperti pertumbuhan rambut berlebih, menstruasi tidak teratur, jerawat, obesitas, dan kemandulan.

Oleh karena itu dalam mengatasi PCOS, Anda disarankan untuk mengonsumsi sumber protein tanpa lemak seperti ayam, ikan, tahu serta makanan berserat tinggi seperti almond, labu kuning, paprika hijau dan merah, beri, dan lain sebagainya untuk mengatasi resistensi insulin. 

Selain itu, makanan yang mengurangi peradangan, termasuk kunyit, kacang-kacangan, minyak zaitun, tomat, ikan berlemak, dan sayuran berdaun hijau juga dapat bermanfaat dalam mengatasi PCOS.

Bicara soal nutrisi, pola makan dengan indeks glikemik rendah bisa membantu menurunkan kenaikan kadar gula darah. Jika kadar insulin Anda naik perlahan, kadar testosteron yang bertanggung jawab atas menstruasi tidak teratur dan kemandulan selama PCOS akan terkendali. Berikut beberapa makanan yang perlu Anda konsumsi saat mengalami PCOS, antara lain:

1. Biji-bijian utuh

Ilustrasi beras merah. [Shutterstock]
Ilustrasi beras merah. [Shutterstock]

Oat, beras merah, barley, gandum, dan jowar meminimalkan lonjakan kadar gula darah dan insulin Anda, sehingga membantu mengatasi PCOS.

2. Buah-buahan

Ilustrasi Buah Vitamin C (Pexels)
Ilustrasi Buah Vitamin C (Pexels)

Konsumsi ceri, apel, jeruk, jeruk bali, dan pir untuk memperbaiki gejala terkait PCOS dan resistensi insulin.

3. Kacang-kacangan

Minimalisir Gejala PCOS, Yuk Konsumsi 4 Makanan Sehat Berikut - 3

Kacang hitam, lentil, dan buncis menjaga kadar gula darah tetap terkendali.

4. Sayuran

Ilustrasi jus sayuran, jus hijau (Pixabay/marijana1)
Ilustrasi jus sayuran, jus hijau (Pixabay/marijana1)

Bayam, kacang hijau, wortel, tomat, kacang hijau, dan kubis dapat membantu wanita penderita PCOS.

Berita Terkait

Berita Terkini

wanita

Vagina Terasa Kendur? Ini Penyebabnya

Umumnya, kulit akan kehilangan kelembapan dan elastisitas seiring bertambahnya usia. Hal yang sama juga dapat terjadi pada vulva dan dinding vagina.