Wanita

Aurel Hermansyah Punya Kista di Rahim, Benarkah Bisa Hambat Kehamilan?

Baru-baru ini, Aurel Hermansyah memeriksakan kandungannya ke dokter dan menemukan ada kista di rahimnya.

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni

Aurel Hermansyah. (Instagram/@aurelie.hermansyah)
Aurel Hermansyah. (Instagram/@aurelie.hermansyah)

Himedik.com - Sebelum resmi menikah dengan Atta Halilintar, Aurel Hermansyah sempat konsultasi mengenai kondisi kesehatan dan program hamil anak kembar ke dokter kandungan. Saat itu pula, dokter menemukan Aurel memiliki kista di rahim.

Tetapi, dokter belum bisa mendiagnosis jenis kista yang dimiliki Aurel Hermansyah. Ia meminta Aurel kembali konsultasi setelah menstruasi.

"Kita harapnya sih kista hormonal," kata dokter di video yang diunggah di kanal YouTube The Hermansyah A6, Kamis (1/4/2021).

Karena itu pula, dokter belum bisa memberikan vitamin atau obat untuk meningkatkan peluang Aurel hamil kembar. Sebab, kista bisa menghambat pelepasan sel telur jika diberikan obat langsung.

"Kistanya musti dikenali dulu," ucap dokter.

Aurel Hermansyah bak Kajol di acara pengajian dan malam henna. (YouTube Aurelie Hermansyah)
Aurel Hermansyah bak Kajol di acara pengajian dan malam henna. (YouTube Aurelie Hermansyah)

Tapi, benarkah kista pada rahim atau kista ovarium ini bisa menghambat kehamilan? Pada umumnya, sebagian besar wanita khawatir kista bisa menghalangi terjadinya kehamilan.

Faktanya dilansir dari Hellosehat, hal itu tidak benar. Karena tidak semua jenis kista ovarium bisa menyebabkan seseorang sulit hamil.

Namun, sebagian dari jenis kista lain bisa menyebabkan wanita sulit hamil karena berpengaruh pada kesuburan. Jadi, Anda perlu memahami terlebih dahulu jenis kista di dalam ovarium untuk mengetahui keberadaannya menghambat kehamilan atau tidak.

Cara mendeteksi kista yang menyebabkan sulit hamil

Umumnya, kista ovarium tidak berbahaya hingga menghambat kehamilan. Bila kondisi ini segera ditangani, kista bisa hilang dengan sendirinya.

Tapi, kista ovarium bisa berbahaya jika ukurannya besar, tidak hilang atau pecah. Kista juga bisa berbahaya bila terjadi selama hamil.

Keberadaan kista ini bisa memberikan rasa tidak nyaman atau menimbulkan gejala khas kista ovarium. Sayangnya, kista ovarium masih yang masih berukuran kecil tidak bisa menunjukkan gejala.

Sehingga wanita sulit menyadari keberadaan kista yang membuatnya sulit hamil di dalam ovarium. Cara satu-satunya untuk mengetahui adalah memeriksakan diri ke dokter kandungan.

Anda juga bisa baru mengetahuinya ketika sudah membesar. Tapi, ukuran kista yang membesar bisa menyebabkan berbagai penyakit yang akan berdampak buruk pada kesehatan.

Berita Terkait

Berita Terkini