Wanita

Menstruasi Sering Telat? 8 Kondisi Berikut Bisa Jadi Penyebabnya

Beberapa kondisi kesehatan bisa memicu terlambatnya datang bulan.

Yasinta Rahmawati | Fita Nofiana

menstruasi tidak teratur (AdobeStock)
menstruasi tidak teratur (AdobeStock)

Himedik.com - Siklus menstruasi perempuan bisa berbeda-beda sehingga, jadi ukuran menstruasi yang terlambat juga relatif berbeda. Panjang siklus menstruasi rata-rata adalah 28 hari, tetapi bisa berkisar antara 21 hingga 45 hari tergantung pada usia Anda. 

Dalam hal ini maka Anda perlu mengenali rutinitas menstruasi agar mengetahui apakah menstruasi tidak teratur. Melansir dari Insider, berikut beberapa penyebab telat menstruasi, antara lain:

1. Olahraga

Jennifer Lincoln, MD, seorang OB-GYN di Providence Health & Services Oregon Lincoln mengatakan bahwa kebiasaan olahraga yang baru dapat memengaruhi menstruasi. Efek ini meningkat dengan adanya olahraga ekstrem. 

Aktivitas fisik dalam jumlah tinggi dapat memengaruhi hormon tertentu yang terlibat dengan siklus menstruasi.

2. Kehamilan

Sudah diketahui bahwa kehamilan bisa menjadi alasan tidak menstruasi.

"Ini biasanya menjadi hal pertama yang ada di benak orang ketika mereka melewatkan suatu periode menstruasi," kata Lincoln. 

Ilustrasi sakit menstruasi (pexels)
Ilustrasi sakit menstruasi (pexels)

3. Tertekan 

Jika Anda stres, maka bisa berpengaruh pada hormon dan menstruasi. 

4. Kontrasepsi

Kontrasepsi bisa membuat menstruasi terlambat atau tidak terjadi sama sekali. "Banyak orang dengan aman menggunakan kontrasepsi untuk mengalami menstruasi ringan atau menunda menstruasi," kata Lincoln.

5. PCOS

Sindrom ovarium polikistik atau PCOS disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon yang memengaruhi sekitar 10 persen orang usia subur. 

"Salah satu ciri PCOS adalah anovulasi atau tidak melepaskan sel telur secara teratur. Hal ini dapat menyebabkan menstruasi tidak teratur dan apa yang kita sebut pendarahan anovulatori," kata Lincoln. Ini juga dapat menyebabkan periode yang terlewat atau periode yang lama

6. Berat badan rendah

Jika tubuh Anda kekurangan berat badan atau kurang gizi, maka tubuh tidak akan mampu mendukung kehamilan, jadi tubuh Anda beralih ke mode bertahan hidup dan membatalkan ovulasi.

7. Obesitas

Jaringan lemak tambahan pada orang yang kelebihan berat badan dapat menghasilkan estrogen berlebih. "Ini dapat mengacaukan siklus menstruasi normal tubuh Anda," kata Lincoln.

8. Tiroid

Tiroid adalah kelenjar yang menghasilkan hormon dan mengatur metabolisme. Jika Anda memiliki penyakit tiroid seperti penyakit Hashimoto, ketidakseimbangan hormon dapat memengaruhi siklus menstruasi Anda.

Berita Terkait

Berita Terkini

wanita

Vagina Terasa Kendur? Ini Penyebabnya

Umumnya, kulit akan kehilangan kelembapan dan elastisitas seiring bertambahnya usia. Hal yang sama juga dapat terjadi pada vulva dan dinding vagina.