Wanita

Cegah Bau Tak Nyaman, 5 Asupan Berikut Bisa Jaga Aroma Vagina

Bau vagina yang terlalu menyengat dan tak sedap bisa membuat Anda tak nyaman, berikut beberapa makanan yang bisa membantu.

Fita Nofiana

Ilustrasi miss v/organ intim/vagina. (Shutterstock)
Ilustrasi miss v/organ intim/vagina. (Shutterstock)

Himedik.com - Perlu dipahai bahwa memang tak ada bau vagina yang wangi seperti semerbak bunga. Namun, bau vagina yang tak sedap atau terlalu menyengat bisa membuat Anda tak nyaman. 

Melansir dari Healtshots, beberapa makan bisa mencegah bau vagina yang tak sedap. Makanan-makanan tersebut juga bisa meningkatkan kesehatan vagina Anda, antara lain:

1. Nanas

Nanas dipercaya dapat mempermanis bau sekret vagina. Makan ini  bermanfaat karena kaya akan vitamin C dan B serta serat. Kandungan tersebut memainkan peran penting dalam mendukung kesehatan usus dan menjaga kesehatan vagina.

2. Kayu Manis

Kayu manis sangat bagus untuk menyeimbangkan asam di vagina karena merupakan rempah-rempah alkali yang dapat membantu menetralisir kelebihan keasaman di vagina. Kayu manis juga bertindak sebagai antibiotik ringan dan dapat mencegah infeksi jamur.

Ilustrasi seledri. (Sumber: Shutterstock)
Ilustrasi seledri. (Sumber: Shutterstock)

3. Semangka

Semangka mengeluarkan racun dari sistem Anda dan membantu menjaga kebersihan vagina. Ini juga mencegah infeksi dan menghilangkan bau aneh di vagina. Buah semangka juga mengandung prebiotik yang dapat menyeimbangkan tingkat pH dan memperkenalkan bakteri baik ke vagina Anda.

4. Seledri

Seledri adalah sayuran hijau yang dapat melakukan keajaiban untuk aroma vagina Anda. Seledri kaya akan vitamin dan mineral. Selain itu, sifatnya yang basa dapat mencegah bakteri dan infeksi vagina.

5. Cranberry

Anda mungkin pernah mendengar bahwa minum jus cranberry mengurangi kemungkinan terkena infeksi saluran kemih. Selain itu, asupan ini juga mencegah infeksi vagina. 

Senyawa dalam cranberry dapat menyeimbangkan tingkat pH vagina dan sifat asamnya dapat membantu melawan bakteri penyebab infeksi dan bau. 

Berita Terkait

Berita Terkini