Wanita

Jarang Cuci Bra Hingga Eksim, ini 6 Penyebab Umum Payudara Gatal!

Payudara gatal bisa disebabkan oleh banyak hal, termasuk jarang mencuci bra.

Shevinna Putti Anggraeni

Ilustrasi payudara, payudara gatal - (Shutterstock)
Ilustrasi payudara, payudara gatal - (Shutterstock)

Himedik.com - Banyak wanita mungkin sering mengabaikan rasa gatal di sekitar payudara, karena menganggap kondisi itu bukan masalah serius.

Meskipun payudara gatal bukanlah masalah besar. Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan payudara terasa gatal dan merah, seperti pertumbuhan rambut, terbakar sinar matahari, serangga, bra yang terlalu ketat, kulit kering, dan penyembuhan luka di sekitarnya.

Berikut ini dilansir dari Times of India, beberapa kondisi yang bisa menyebabkan payudara terasa gatal.

1. Anda tidak mencuci bra secara teratur

Tidak mencuci bra secara teratur bisa menyebabkan gangguan kulit. Jika Anda memiliki luka di sekitar atau tepat di payudara, kebiasaan tidak mencuci bra ini bisa menyebabkan infeksi.

Karena itu, cucilah bra secara teratur agar tidak menjadi tempat pertumbuhan bakteri. Jika Anda olahraga, cucilah bra menggunakan air hangat untuk menghilangkan kotoran dan keringat.

Ilustrasi payudara, payudara gatal, bra (shutterstock)
Ilustrasi payudara, payudara gatal, bra (shutterstock)

2. Terbakar sinar matahari

Sinar matahari juga bisa menyebabkan ruam panas pada payudara yang sensitif, terutama bila Anda tidak berpakaian tertutup. Ruam panas yang disebabkan oleh sinar matahari ini tidak hanya menyebabkan iritasi kulit, tetapi juga bisa mengakibatkan payudara terasa gatal.

Selain itu, keringat yang terperangkat di bawah kulit dan menahan pori-porinya serta kulit terbakar bisa menyebabkan rasa gatal pada payudara.

3. Pakai sabun dan deterjen yang salah

Penggunaan sabun yang keras dan deterjen juga bisa menyebabkan iritasi kulit. Karena itu, pilihlah sabun yang sesuai dengan jenis kulit Anda untuk mencuci bra.

Anda bisa mengindentifikasi zat yang menyebabkan alergi dan hindari sabun atau deterjen yang mengandung zat tersebut. Setelah itu, jemurlah bra di bawah sinar matahari meskipun Anda sudah mengeringkannya di mesin cuci.

4. Memilih bahan bra yang tidak cocok

Bahan bra yang menyerap keringat juga bisa menyebabkan iritasi kulit. Karena, beberapa bahan bra bisa membuat payudara terasa gatal. Pastikan Anda juga memilih ukuran, bahan dan bentuk bra yang sesuai dengan payudara. Jadi, berhati-hatilah dan luangkan waktu dalam memilih bra yang tepat.

5. Kehamilan dan menyusui

Kehamilan dan menyusui juga bisa menyebabkan payudara terasa gatal. Karena, perubahan bentuk dan ukuran payudara selama masa itu menyebabkan kulit payudara terasa gatal.

Proses menyusui menyebabkan kulit kering dan teriritasi serta puting pecah-pecah dan berdarah. Tapi, pakai bra yang tepat dan melembabkan kulit bisa membantu mengatasi rasa gatal itu.

6. Eksim

Eksim adalah masalah kulit kronis yang bisa menyebabkan peradangan serta kulit kering dan gatal. Kondisi ini bisa terjadi di bagian tubuh mana pun, termasuk payudara.

Berita Terkait

Berita Terkini

wanita

Vagina Terasa Kendur? Ini Penyebabnya

Umumnya, kulit akan kehilangan kelembapan dan elastisitas seiring bertambahnya usia. Hal yang sama juga dapat terjadi pada vulva dan dinding vagina.