Wanita

Simak! 5 Penyebab Paling Umum Kenapa Haid Tidak Lancar

Berikut beberapa penyebab haid tidak lancar.

Yasinta Rahmawati

Ilustrasi wanita haid - (Shutterstock)
Ilustrasi wanita haid - (Shutterstock)

Himedik.com - Wanita biasanya memiliki siklus haid atau menstruasi yang rutin tiap bulannya. Namun demikian, siklus menstruasi ini juga terkadang terganggu. Banyak hal bisa jadi penyebab haid tidak lancar atau tidak memiliki siklus yang tetap.

Sebagai pengetahuan umum, berikut beberapa penyebab haid tidak lancar yang bisa kami sampaikan. Sebagai disclaimer, poin yang tersaji dalam artikel ini berupa kecenderungan pada banyak perempuan, dan bukan berarti pasti terjadi.

1. Terjadinya Menopause Dini

Perimenopause biasanya terjadi antara 2 sampai 8 tahun menjelang masa menopause. Di fase ini, haid biasanya mulai tak lancar dan berjarak tak pasti.

Kebanyakan kaum wanita masuk ke fase ini pada usia 45 sampai 55 tahun. Namun pada beberapa orang, ada juga yang terdeteksi mengalami fase ini di usia 40 tahun kebawah.

2. Pengaruh Penggunaan Alat Kontrasepsi

Ilustrasi pil KB. (Sumber: Shutterstock)
Ilustrasi pil KB. (Sumber: Shutterstock)

Salah satu alat kontrasepsi yang jadi penyebab haid tidak lancar adalah pil KB. Hal ini disebabkan karena pil ini mengandung hormon estrogen dan progestin, yang bisa mencegah ovarium melepaskan sel telur.

Biasanya, tidak lancarnya haid akan mulai terjadi setelah mengkonsumsi pil ini, dan berangsur kembali ke siklus semula setelah 5 atau 6 bulan.

3. Stres Berlebih

Ilustrasi stres kerja (pexels/Andrea Piacquadio).
Ilustrasi stres kerja (pexels/Andrea Piacquadio).

Stres berlebihan yang dialami seorang perempuan bisa jadi penyebab haid tidak lancar berikutnya. Ketika merasakan stres terlalu berat, terjadi perubahan hormon dan hipotalamus yang merupakan bagian otak yang bertanggung jawab mengatur siklus menstruasi. Tak heran, jika tidak lancarnya haid bisa sangat dipengaruhi oleh kondisi mental seseorang.

4. Olahraga yang Terlalu Banyak

Ilustrasi olahraga. (Unsplash.com/Gursimrat Ganda)
Ilustrasi olahraga. (Unsplash.com/Gursimrat Ganda)

Olahraga memang salah satu aktivitas yang diperlukan tubuh agar tetap terjaga kebugarannya. Namun dalam porsi terlalu banyak, justru hal ini bisa jadi penyebab haid tidak lancar yang tak terduga.

Hal ini karena ketika olahraga dilakukan secara berlebihan tubuh akan kehilangan cadangan lemak dengan cepat, yang membuat produksi hormon estrogen dan progesteron terhambat. Alhasil, haid jadi tak lancar.

5. Pola Hidup Kurang Sehat

Aktivitas merokok, konsumsi minuman beralkohol, kurang olahraga, dan kekurangan asupan nutrisi, bisa jadi penyebab lain mengapa haid tidak lancar. Jadi agar kembali lancar, mari terapkan pola hidup sehat mulai dari sekarang

Kelima penyebab haid tidak lancar tersebut sebenarnya bisa dicegah, atau ditangani dengan cara-cara alami. Yang terpenting, selama tubuh tetap bisa terjaga kesehatannya, Anda hanya perlu menerapkan pola hidup sehat. Jika sudah dirasa mengkhawatirkan, segera kunjungi dokter kepercayaan Anda!

(Suara.com/Rifan Aditya)

Berita Terkait

Berita Terkini