Wanita

Perut Masih Buncit setelah Melahirkan? Bisa Dipengaruhi Beberapa Faktor

Butuh waktu bagi tubuh terutama bagian perut untuk pulih sepenuhnya setelah proses kehamilan.

Yasinta Rahmawati

Ilustrasi hamil. (Pixabay/tasha)
Ilustrasi hamil. (Pixabay/tasha)

Himedik.com - Usai melahirkan, tubuh wanita umumnya mengalami perubahan, contohnya di bagian perut. Banyak wanita yang mengeluhkan perutnya masih terlihat buncit seperti masih mengandung.

Sebenarnya, kondisi ini sangat normal usai melahirkan. Butuh waktu bagi tubuh terutama bagian perut untuk pulih sepenuhnya setelah proses kehamilan.

Dihimpun dari Her Story---Jaringan Himedik.com, saat hamil perut seperti balon yang menggembung. Kemudian saat melahirkan, balon itu mulai bocor perlahan.

Karenanya, penurunan ukuran perut Anda mungkin lambat, tetapi akan stabil.

Setelah melahirkan, perubahan hormonal menyebabkan perut Anda mengecil. Namun, dibutuhkan enam hingga delapan minggu lagi untuk rahim berkontraksi ke ukuran seperti sebelum hamil.

Cairan ekstra yang menumpuk di tubuh selama kehamilan akan berkurang secara bertahap. Ini juga bisa mengurangi pembengkakan dan perut kembung.

<p>Ilustrasi bridesmaid hamil - <a href="https://pixabay.com/photos/pregnant-woman-pregnancy-rosa-red-1910301/">(Pixabay/3907349)</a></p>

Ilustrasi kehamilan. (Pixabay/3907349)

Selain itu, setiap lemak ekstra yang dipakai untuk memberi makan bayi selama di kandungan akan mulai terbakar, terutama jika Anda menyusui ditambah aktif berolahraga.

Lantas, berapa lama waktu yang dibutuhkan agar perut mengecil setelah melahirkan?

Ada wanita yang hanya membutuhkan beberapa minggu setelah melahirkan, namun hal itu tak terjadi pada semua wanita.

Pasalnya butuh sembilan bulan bagi otot perut untuk meregang demi pertumbuhan bayi di kandungan. Jadi masuk akal jika diperlukan waktu berminggu-minggu atau berbulan-bulan untuk mengencangkan kembali perut seperti sebelum hamil.

Di sisi lain, kecepatan dan tingkat pengencangan perut setelah melahirkan juga tergantung pada beberapa faktor, termasuk:

1. Bentuk dan ukuran Anda sebelum hamil

2. Berapa banyak berat badan yang bertambah selama kehamilan

3. Seberapa aktif setelah persalinan

4. Genetik

Hal terpenting yang perlu diingat bahwa, adalah normal untuk tubuh Anda dapat berubah bentuk setelah kehamilan. Anda mungkin merasa sulit untuk kembali ke berat badan atau bentuk tubuh sebelum hamil, kuncinya adalah sabar dan tetap berusaha.

Berita Terkait

Berita Terkini