Wanita

Benarkah Konsumsi Banyak Vitamin C Sebabkan Menstruasi Lebih Awal?

Ada beberapa alasan yang bisa memengaruhi perubahan siklus menstruasi.

Yasinta Rahmawati

menstruasi tidak teratur (AdobeStock)
menstruasi tidak teratur (AdobeStock)

Himedik.com - Vitamin C sering diandalkan untuk menjaga kesehatan tubuh. Terlebih selama pandemi Covid-19, vitamin C diburu masyarakat untuk dapat meningkatkan kekebalan tubuh. 

Namun demikian, mengonsumsi terlalu banyak vitamin C juga berisiko untuk kesehatan. Salah satunya, dikhawatirkan konsumsi banyak vitamin C bisa menyebabkan menstruasi datang lebih awal, namun benarkah anggapan tersebut?

Dihimpun dari Suara.com-Jaringan Himedik.com, mengutip Times Of India, vitamin C memang dapat mempengaruhi hormon yang berperan penting dalam menstruasi. Vitamin C dapat meningkatkan kadar estrogen sekaligus menurunkan kadar progesteron.

Perubahan hormonal ini dapat menyebabkan kontraksi rahim dan menyebabkan lapisan rahim rusak, yang menyebabkan menstruasi.

Namun, belum ada bukti ilmiah yang menunjukkan bahwa vitamin C dapat mempengaruhi siklus menstruasi dan menyebabkan menstruasi datang lebih awal.

Ada beberapa alasan yang bisa memengaruhi perubahan siklus menstruasi. Salah satunya adalah jumlah hari dalam sebulan yang bervariasi. Ini, dari waktu ke waktu, dapat mengurangi  menstruasi sebanyak seminggu.

Penambahan berat badan bahkan penurunan berat badan yang signifikan juga dapat mengganggu menstruasi Anda.

Selain itu, ketidakseimbangan hormon, pil KB, infeksi juga dapat menyebabkan periode tertunda. Terlalu banyak stres, kecemasan, dan obat-obatan juga dapat menyebabkan keterlambatan siklus menstruasi.

Berita Terkait

Berita Terkini