Wanita

Sebelum Hamil, Wanita Wajib Perhatikan Kesehatan Organ Tubuh Ini!

Seorang wanita harus memperhatikan kesehatan organ tubuh tertentu sebelum hamil, tidak hanya berhenti melakukan kebiasaan buruk.

Shevinna Putti Anggraeni

Ilustrasi ibu hamil (Unplash/@fomaolea)
Ilustrasi ibu hamil (Unplash/@fomaolea)

Himedik.com - Bila Anda sedang berencana untuk hamil, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dan dihindari oleh wanita. Tidak hanya sekadar berhenti merokok atau minum alkohol.

Anda juga harus menyadari bahwa kesehatannya secara keseluruhan harus dalam kondisi baik sebelum hamil.

Dalam hal ini, berat badan sering menjadi fokus utama seorang wanita sebelum hamil. Kemudian, mereka juga menyadari kebiasaan merokok justru akan membuatnya sulit hamil.

Kini, petugas medis Chicago, AS mengungkapkan bahwa wanita yang ingin hamil juga harus memprioritaskan kesehatan jantungnya.

Studi yang diterbitkan dalam Journal Circulation menemukan bahwa kesehatan jantung sering diabaikan oleh wanita dan mengoptimalkannya sebelum kehamilan adalah kuncinya.

Ilustrasi Ibu Hamil.[Pixabay.com]
Ilustrasi Ibu Hamil.[Pixabay.com]

Dr Sadiya Khan, asisten profesor kedokteran di bidang kardiologi dan epidemiologi di Fakultas Kedokteran Universitas Northwestern Feinberg dan seorang dokter Kedokteran Northwestern mengatakan risiko penyakit jantung pada wanita perlu disorot.

"Sebagai wanita, kita cenderung memikirkan kesehatan bayi begitu kita hamil. Bahkan kondisi jantung yang baik dan sehat juga perlu diperhatikan untuk melindungi bayi dalam kandungan," kata Dr Sadiya dikutip dari The Sun.

Para ahli menemukan bahwa lebih 1 dari 2 wanita muda berusia antara 20 dan 44 tahun yang melahirkan di AS pada 2019 memiliki kesehatan jantung yang buruk sebelum hamil.

Artinya, kesehatan jantung perlu diperhatikan karena membuat ibu hamil dan bayinya sangat berisiko.

Sebuah studi menemukan bahwa penyakit jantung menyebabkan lebih 1 dari 4 kematian terkait kehamilan.

Berdasarkan wanita yang dianalisis dalam penelitian ini, lebih dari setengahnya memiliki setidaknya satu faktor risiko untuk kesehatan jantung yang buruk.

"Faktor risiko tersebut antara lain diabetes, obesitas dan hipertensi. Para ahli menemukan bahwa wanita yang kelebihan berat badan dan obesitas berisiko memiliki kesehatan jantung buruk," jelas studi.

Dr Natalie Cameron, seorang spesialis penyakit dalam dan instruktur di Feinberg dan seorang dokter Northwestern Medicine mengatakan penelitian ini menunjukkan pentingnya wanita untuk menjaga kesehatan jantung mereka sebelum hamil.

"Wanita dengan kesehatan jantung yang baik sebelum hamil cenderung tidak mengalami komplikasi kehamilan dan lebih mungkin melahirkan bayi yang sehat," katanya.

Hal terpenting adalah optimalkan kesehatan jantung sebelum dan selama kehamilan untuk mencegah perkembangan penyakit jantung bertahun-tahun kemudian.

Guna memastikan kesehatan jantung Anda baik atau tidak sebelum hamil, Anda bisa melakukan pemeriksaan medis ke dokter.

Berita Terkait

Berita Terkini