Wanita

Ibu Eros Sheila On 7 Meninggal Dunia, Mungkinkan Stroke Bisa Menurun ke Anak?

Ibu Eros Sheila On 7 meninggald unia dan sudah lama menderita stroke selama bertahun-tahun.

Shevinna Putti Anggraeni

Eros Sheila On 7 (Instagra,)
Eros Sheila On 7 (Instagra,)

Himedik.com - Titin Hastuti, Ibunda Eros Sheila On 7 meninggal dunia pada Selasa (26/4/2022) pagi tadi. Adam Muhammad Subarkah, bassist Sheila On 7 mengatakan ibu Eros sudah lama menderita stroke dan sudah bertahun-tahun.

"Penyebabnya sakit, sudah lama, terakhir kena stroke sudah bertahun-tahun. Memang kondisinya hanya di rumah," kata Adam saat dihubungi wartawan, Selasa (26/4/2022).

Selama ini, Adam mengatakan ibunda Eros hanya berdiam diri di rumah karena sakit. Ibunda Eros diketahui meninggal dunia di usia 62 tahun.

Beberapa orang mungkin bertanya-tanya stroke sebagai salah satu penyakit serius ini bisa menurun secara genetik atau tidak.

Stroke merupakan kondisi terjadinya gangguan pada sistem peredaran darah pada otak minimal selama 24 jam.

Ilustrasi gejala awal stroke. (Pixabay)
Ilustrasi gejala awal stroke. (Pixabay)

Gangguan pembuluh darah tersebut bisa berupa kekurangan aliran darah ke otak atau pecahnya pembuliuh darah otak sehingga menimbulkan perdarahan pada otak.

Stroke bukanlah penyakit keturunan. Tapi dilansir dari Alodokter, beberapa faktor risiko bisa menyebabkan terjadinya gangguan aliran darah pada otak yang bisa diturunkan.

Adapun faktor risiko utama dari stroke adalah penyakit tekanan darah tinggi, riwayat penyakit kencing manis, dan riwayat penyakit gangguan pengaturan lemak.

Bila ada anggota keluarga yang memiliki salah satu atau dua riwayat penyakit tersebut, maka Anda harus perhatikan kondisi kesehatan Anda. Pastikan Anda sedang atau berisiko mengalami kondisi tersebut atau tidak.

Bila Anda sedang menderita penyakit tersebut, segera konsultasi dengan dokter agar mendapatkan pengobatan yang tepat. Langkah ini bisa membantu mencegah terjadinya stroke.

Di samping itu, Anda juga bisa menjalani pola hidup sehat, dari segi makanan dan gaya hidup sehari-hari.

  1. Perbanyak konsumsi sayur dan buah
  2. Perbanyak minum air putih
  3. Kurangi makanan tinggi lemak, garam dan gula
  4. Hindari minuman tinggi gula
  5. Olahraga teratur 3-4 kali per minggu
  6. Istirahat cukup
  7. Hindari stres berlebihan
  8. Pemeriksaan rutin pada kondisi tubuh

Berita Terkait

Berita Terkini