Wanita

Maia Estianty Sudah Lakukan Operasi Batu Empedu, Ini 5 Makanan yang Baik Dikonsumsi!

Maia Estianty harus menghindari makanan tertentu setelah operasi pengangkatan batu empedu.

Shevinna Putti Anggraeni

Maia Estianty makan kaviar (Instagram/@maiaestiantyreal)
Maia Estianty makan kaviar (Instagram/@maiaestiantyreal)

Himedik.com - Maia Estianty masih dalam masa pemulihan setelah menjalani operasi pengangkatan batu empedu.

Maia Estianty pun harus menghindari makanan tertentu yang dilarang dokter, salah satunya ia tidak boleh mengonsumsi makanan berlemak.

"Memang sekarang aku nggak boleh makan makanan berlemak, so aku makannya sekarang kaya apel gini, supaya nggak problem lukanya," ujar Maia Estianty dikutip dari YouTube Maia ALELDUL TV.

Penderita batu empedu seperti Maia Estianty memang harus lebih selektif dalam memilih makanan.

Karena, ada jenis makanan yang membantu meringankan dan mencegah penyakit itu kambuh kembali. Ada pula makanan yang bisa memperburuk kondisi penderita batu empedu.

Meskipun batu empedu sudah bisa ditangani dengan obat-obatan maupun operasi. Tetapi, konsumsi makanan yang tepat bisa membantu mencegahnya kembali kumat.

Maia Estianty [Instagram]
Maia Estianty [Instagram]

Berikut ini dilansir dari Alodokter, beberapa makanan yang baik untuk penderita batu empedu.

1. Sayuran dan buah-buahan

Asupan serat yang diperoleh dari sayuran dan buah-buahan sangat disarankan bagi penderita batu empedu. Kedua jenis makanan ini juga mengandung banyak antioksidan, magnesium, dan vitamin C yang bisa mencegah pembentukan batu empedu.

2. Minyak ikan dan minyak zaitun

Minyak ikan yang kaya omega-3 bisa membantu mengurangi risiko timbulnya batu empedu. Konsumsi minyak ikan dan minyak zaitun juga bisa membantu pengosongan kantung empedu secara teratur.

3. Daging rendah lemak

Anda juga harus menghindari daging merah yang tinggi lemak, karena bisa memperburuk kondisi. Anda lebih baik mengonsumsi daging ayam tanpa kulit atau ikan yang mengandung lemak lebih sedikit.

4. Biji-bijian utuh

Biji-bijian utuh juga termasuk makanan yang baik untuk penderita batu empedu. Makanan ini meliputi, gandum, oat, nasi coklat dan sereal.

5. Makanan lainnya

Tahu, tempe, kacang-kacangan, susu dan produksi olahannya, seperti yoghurt juga baik untuk meringankan serta mencegah batu empedu. Tapi, Anda harus memilih susu rendah lemak. Anda juga tidak boleh mengonsumsi semua makanan ini dalam porsi besar sekaligus.

Berita Terkait

Berita Terkini