Wanita

Rima Melati Alami Gagal Jantung Sebelum Meninggal, Kenali Penyebab dan Gejalanya!

Rima Melati mengalami gagal jantung sebelum meninggal dunia.

Shevinna Putti Anggraeni

Rima Melati (Instagram/timetunnel2)
Rima Melati (Instagram/timetunnel2)

Himedik.com - Aditya Tumbuan, anak Rima Melati menceritakan sang ibu mengalami infeksi hingga gagal jantung sebelum meninggal dunia.

Aditya mengatakan infeksi pada luka di punggung ibunya, Rima Melati membuat demam tinggi dan merambat ke paru-paru.

"Paru-parunya mulai terendam air dan harus disedot. Setelah itu menjalar ke ginjal," kata Aditya Tumbuan di RSPAD, Jakarta Pusat pada Kamis (23/6/2022).

Bahkan, infeksi ini juga merambat ke ginjal yang membuat Rima Melati harus rutin cuci darah. Widyawati juga mengatakan Rima Melati sempat dipompa jantungnya sebelum mengembuskan napas terakhir.

Gagal jangung adalah kondisi ketik jantung melemah dan tidak mampu memompa darah ke seluruh tubuh. Kondisi ini bukan berarti jantung berhenti berfungsi, tetapi jantung tidak bisa berfungsi dengan baik.

Ilustrasi jantung (Shutterstock).
Ilustrasi jantung, gagal jantung (Shutterstock).

Gagal jantung bisa disebabkan oleh penyakit yang mengakibatkan jantung melemah dan mengalami kerusakan, seperti penyakit jantung koroner, anemia, dan hipertensi.

Gejala utama gagal jantung berupa sesak napas, kelelahan, pembengkakan pada kaki dan pergelangan kaki. Gejala gagal jantung ini bisa berkembang bertahap atau muncul secara mendadak.

Dilansir dari Alodokter, ada pula faktor-faktor lain yang meningkatkan risiko gagal jantung, antara lain:

  1. Berusia 65 tahun lebih
  2. Riwayat penyakit jantung atau serangan jantung
  3. Konsumsi minuman beralkohol
  4. Merokok
  5. Jarang olahraga
  6. Berat badan berlebih
  7. Jarang konsumsi makaan bergizi seimbang.

Sayangnya, banyak orang tidak menyadari dirinya berisiko mengalami gagal jantung sehingga perlu rutin memeriksakan kondisi kesehatan ke dokter.

Tapi, Anda juga harus tahu bahwa gagal jantung adalah penyakit yang tidak bisa disembuhkan secara total. Upaya yang bisa dilakukan untuk mengatasi gagal jantung termasuk mengurangi beban kerja jantung dan membantu penderita melakukan aktivitas harian.

Berita Terkait

Berita Terkini