Wanita

5 Efek Samping Perawatan Suntik Putih, Cita Citata Ngaku Jadi Idap Autoimun

Cita Citata yang dulunya kerap melakukan suntik putih atau suntik vitamin C mengaku mengidap autoimun.

Yasinta Rahmawati

Cita Citata. @Instagram/@cita_rahayu)
Cita Citata. @Instagram/@cita_rahayu)

Himedik.com - Cita Citata belakangan mengutarakan bahwa ia mengalami efek samping serius gara-gara suntik putih. Wanita berusia 29 tahun ini mengaku tindakan itu justru membuatnya mengidap penyakit autoimun.

"Penyebab autoimun adalah kesalahan aku pribadi, kesalahannya adalah lifestyle pribadi aku," ujar Cita Citata, dikutip dari video yang diunggah ulang akun Instagram @lambegosiip, Senin (8/1/2023).

Ia lantas menyebut bahwa dulunya kerap melakukan perawatan kecantikan berupa suntik putih atau suntik vitamin C. Cita Citata tak berpikir panjang kala itu, karena ia butuh untuk menunjang penampilan.

"Aku sering banget suntik vitamin C berbahan kimia, suntik putih, dan lain sebagainya. Aku pikir itu penunjang penampilan aku di depan tv buat kelihatan glowing dan putih," tambahnya.

Sebagai informasi, berbagai efek samping memang bisa muncul akibat terlalu sering melakukan suntik putih. Dirangkum dari Alodokter, efek samping itu antara lain:

1. Gangguan pencernaan

Jumlah vitamin C di tubuh yang melebihi 2.000 miligram per hari bisa menyebabkan gangguan pencernaan seperti mual, sakit perut, hingga diare. Selain itu, juga bisa meningkatkan refluks asam lambung sehingga memunculkan heartburn.

2. Kerusakan jantung dan hati

Vitamin C memiliki sifat membantu menyerap zat besi. Namun jika dosisnya terlalu tinggi, kadar zat besi di dalam tubuh akan terlalu banyak dan menumpuk menjadi racun. Akibatnya, kelebihan zat besi ini disimpan di hati, jantung, dan pankreas.

3. Batu ginjal

Tubuh sebenarnya bisa mengeluarkan kelebihan vitamin C sebagai oksalat melalui urine. Namun pada kondisi tertentu, oksalat akan berikatan dengan mineral lalu membentuk kristal di ginjal. Jika suntik putih dilakukan dalam jangka panjang, bisa menyebabkan batu ginjal.

4. Asma

Penggunaan glutathione dalam kandungan suntik putih sangat marak dilakukan. Tapi perlu diketahui oleh penderita asma, kandungan ini bisa emmicu kambuhnya serangan asma.

5. Sindrom Stevens-Johnson

Penggunaan glutathione dalam suntik putih juga bisa menyebabkan sindrom Stevens-Johnson. Sindrom ini berupa bentuk reaksi alergi berat dengan gejala berupa ruam yang disertai nyeri.

Berita Terkait

Berita Terkini