Wanita

Ovarium Kiri Kiky Saputri Diangkat karena Kista, Masih Adakah Peluang Hamil di Kondisi Ini?

Kiky mengaku sudah mengetahui adanya kista sebelum hamil. Namun saat ingin dibersihkan, ternyata ia sudah mengandung.

Yasinta Rahmawati

Potret Kiky Saputri. (Instagram)
Potret Kiky Saputri. (Instagram)

Himedik.com - Komika Kiky Saputri baru saja membagikan kabar duka perihal kehamilannya. Ia mengalami keguguran di usia janin 10 minggu. Tak berhenti sampai di situ, Kiky harus merelakan satu ovariumnya diangkat.

Kabar duka tersebut dibagikan Kiky lewat kanal YouTube pribadinya. Ditemani oleh sang suami, Muhammad Khairi, ia menceritakan kronologi mengalami keguguran.

Kiky menyebut bahwa kelelahan menjadi salah satu faktor penyebab. Selain itu ada kista di luar dinding rahim yang membuat janin tidak berkembang dengan baik.

Kiky mengaku sudah mengetahui adanya kista sebelum hamil. Namun saat ingin dibersihkan, ternyata ia sudah mengandung.

Kendati awalnya dilihat dokter tak akan mengganggu kehamilan, ternyata kista yang diidapnya ikut berkembang. Dari yang awalnya 3,8 cm menjadi 4,6 cm sehingga menekan rahimnya.

Beberapa minggu setelah keguguran, Kiky lantas merasakan sakit yang luar biasa di bagian bawah perut. Ternyata kista tersebut membesar bahkan telah menyelimuti ovarium kiri Kiky. Akhirnya diputuskan bahwa ovarium kiri harus diangkat.

"Kami harus kehilangan anak terus juga kehilangan ovarium kiri, walaupun alhamdulillah dokter bilang ovarium kanan masih bagus, colornya bagus banget," jelas Kiky dalam kesempatan tersebut.

Peluang Hamil dengan Satu Ovarium

Melihat apa yang dialami Kiky Saputri, mungkin timbul pertanyaan apakah peluang hamil masih ada jika satu ovarium atau indung telur diangkat. Pasalnya ovarium adalah organ penting yang berfungsi untuk memproduksi sel telur dan hormon.

Kabar baiknya, seorang wanita masih bisa berpeluang hamil meskipun hanya dengan satu ovarium. Dikutip dari Hello Sehat, selama kondisi ovarium dan tuba falopii sehat, maka peluang kehamilannya pun akan sama seperti wanita yang punya dua ovarium.

Nah untuk bisa segera hamil dengan satu ovarium, Anda bisa mengikuti tips berikut.

Ilustrasi hamil (Unsplash.com/Camylla Battani)
Ilustrasi hamil (Unsplash.com/Camylla Battani)

1. Konsultasi ke dokter kandungan

Lewat pemeriksaan USG dan lainnya, dokter bisa menilai apakah ovarium berfungsi dengan baik dan mampu melepaskan sel telur secara optimal atau tidak.

2. Menghitung masa subur

Rata-rata masa subur wanita terjadi mulai hari ke 10-17 setelah hari pertama menstruasi. Pada rentang waktu ini, dianjurkan untuk rutin berhubungan seksual demi meningkatkan peluang kehamilan.

3. Memperhatikan tanda-tanda subur

Selain menghitung masa subur, Anda juga bisa memperhatikan tanda-tanda subur yang muncul pada tubuh. Misalnya peningkatan suhu tubuh atau perubahan lendir vagina.

Berita Terkait

Berita Terkini