Anak

Begini Cara Ajari Putri Kecil Anda Menjaga Tubuhnya yang Berharga

Orangtua harus mengajari putri kecilnya menjaga tubuhnya yang berharga agar tak sembarangan orang menyentuhnya.

Ririn Indriani

Ilustrasi keluarga, orangtua dan anak perempuannya. (Shutterstock)
Ilustrasi keluarga, orangtua dan anak perempuannya. (Shutterstock)

Himedik.com - Dari ujung rambut hingga ujung kaki, seluruh tubuh anak perempuan sangat berharga, itulah mengapa orangtua lebih ekstra mengawasi putri kecilnya ketimbang anak laki-laki.

Namun, tidak mungkin orang tua menjaga putri cantiknya selama 24 jam. Untuk itu, penting mengajari si kecil memahami tentang dirinya agar tak ada sembarang orang yang menyentuh.

Dikutip dari Cosmopolitan inilah 4 cara mengajari putri kecil Anda menjaga tubuhnya yang berharga.

1. Area swimsuit
Khusus untuk area pakaian renang, anak harus diajarkan sejak kecil. Mereka harus tahu bahwa area ini sangat berharga sehingga wajib diperingati berkali-kali.

Katakan kepada putri Anda tak boleh ada orang lain menyentuh area pakaian renang dan melihat terlalu lama. Selain orangtua dan nenek kakeknya, taka ada yang boleh menyentuh kecuali diizinkan orangtua.

Tekankan pula izin menyentuh berlaku terhadap dokter dan pengasuh. Ketika mereka beranjak remaja, ini harus diingatkan lagi.

Bila ada yang mencoba menyentuh sampaikan apa yang harus dilakukan anak. Mereka boleh melawan dengat cara mengigit, berlari, atau memukul orang yang menyentuh bagian vital tubuh mereka.

2. Kenali bagian-bagiannya
Beri tahu nama-nama anggota tubuh kepada anak-anak sejak dini mulai dari kepala hingga kaki. Saat anak bertannya itu kesempatan untuk menjelaskan fungsi masing-masing. Termasuk bagian tubuh yang sangat vital. Jelaskan pula area itu tak boleh diperlihatkan kepada siapa pun karena ada 'kehormatan' di sana.

3. Makanan sehat
Gemuk bukan berarti jelek, tetapi ketika remaja perempuan rentan mengalami kegemukan, ingatkan anak untuk mengonsumsi makanan sehat, seperti sayur dan buah. Ini bukan berarti mereka tidak boleh makan enak. Ajari anak-anak perempuan untuk tidak tergoda memakan cup cake, marsmallow, dan junkfood. Mereka lebih membutuhkan serat, air, dan nutrisi yang baik.

4. Olahraga
Masa puber anak perempuan ditandai dengan menstruasi. Saat memasuki masa puber perubahan bentuh tubuh akan terjadi. Maka mereka harus rajin berolahraga agar tubuh tidak lebar. Beri dukungan untuk rutin olahraga. (Suara.com/Vessy Dwirika Frizona)

Berita Terkait

Berita Terkini