Info

Kahiyang Ayu Melahirkan, Ini Tips 24 Jam Pertama dengan Buah Hati

Lihat tips 24 jam pertama di rumah dengan sang buah hati.

Rauhanda Riyantama | Yuliana Sere

Bobby dan Kahiyang. (Instagram/@ayanggkahiyang)
Bobby dan Kahiyang. (Instagram/@ayanggkahiyang)

Himedik.com - Kahiyang Ayu, putri Presiden Jokowi Widodo, telah melahirkan putri pertamanya secara caesar pada Rabu (1/8/2018). Persalinan dilakukan di RS YPK Mandiri, Menteng, Jakarta Pusat.

Bayi dengan bobot 3.4 kg dan panjang 49 cm ini dilahirkan pada pukul 05.50 WIB. Saat jumpa pers, Bobby diketahui didampingi oleh Jokowi, ibu Negara Iriana dan ibunya Ade Hanifah Siregar.

Dengan kelahiran putri pertama Kahiyang, itu berarti Jokowi telah memiliki dua orang cucu, yang pertama bernama Jan Ethes, putra dari Gibran Rakabuming dan Selvi Ananda dan yang kedua putri Bobby dan Kahiyang yang belum diberi nama.

Kelahiran sang buah hati pastinya menjadi momen yang ditunggu-tunggu. Pasca melahirkan, tentunya ada banyak aturan yang harus dipatuhi oleh seorang ibu. Kali ini, HiMedik ingin berbagi beberapa tips yang harus dilakukan para ibu pada sang buah hati 24 jam pasca melahirkan.

1. Pemberian makan bayi

Dilansir babycenter, bayi yang baru lahir perlu makan dalam porsi yang sedikit, sekitar satu hingga tiga ons. Beberapa bayi akan menangis secara kuat sebagai tanda bahwa mereka merasa lapar.

Presiden Jokowi menemani puterinya melahirkan di Rumah Sakit YPK Mandiri, (Suara/Muhamad Yasir)
Presiden Jokowi menemani puterinya melahirkan di Rumah Sakit YPK Mandiri, (Suara/Muhamad Yasir)

Di sisi lain, ada juga yang menghisap tangan mereka, memukul bibir, atau gerakan seperti memijat bibir mereka dan mendekatkan kepalanya ke arah payudara atau botol dot.

Bayi yang baru lahir biasanya akan kehilangan sekitar tujuh persen dari berat badannya. Hal ini normal dan kamu akan memberi makan bayimu setiap dua jam atau lebih sampai berat badannya kembali normal.

Mengantuk juga menjadi tanda pada bayi yang baru lahir. Jadi kamu perlu membangunkan bayi untuk memberi makan dan memberi dorongan lembut untuk tetap terjaga saat makan.

2. Jika bayi sendawa, cegukan atau air liur yang terus meleleh

Jangan khawatir jika terjadi ketiga hal di atas. Cegukan normal untuk bayi dan tak menyebabkan mereka merasa tak nyaman. Demikian juga ketika air liur yang meleleh selama dan sesudah menyusui.

Jika bayi rewel atau merasa tak nyaman selama atau setelah menyusui, itu isyarat untuk bersendawa. Untuk membuat bayi merasa nyaman kembali, kamu bisa menggendong bayi dengan kepala bersandar di bahumu.

Atau, duduk di pangkuanmu dengan satu tanganmu memegang dada dan dagunya, atau kamu bisa meletakkan bayimu di pangkuanmu.

3. Saat bayi BAK dan BAB

Bayi yang minum ASI cenderung lebih sering buang air daripada yang minum susu formula, karena susu formula butuh waktu lebih lama untuk dicerna. Kotoran bayi yang diberi susu formula cenderung punya warna yang bervariasi.

Kotoran bayi, normalnya adalah dari sangat lunak hingga berair. Yang paling penting adalah jika terjadi perubahan mendadak, segera hubungi dokter.

4. Saat bayi tidur

Bayi baru lahir umumnya tidur lebih dari 16 jam hingga 18 jam. Mereka juga lebih cepat tidur. Diingatkan, kamu jangan pernah menggunakan bantal, selimut atau apapun untuk mengurangi risiko kematian bayi mendadak.

Kamu juga tak boleh membiarkan bayi tidur di sofa atau tempat tidur tanpa pengawasan karena berisiko terjatuh.

5. Saat mandi

Untuk saat ini, kamu tak perlu menggunakan bak mandi. Jika tali pusar masih menggantung, sebaiknya jangan direndam ke dalam air. Gunakan waslap hangat atau tisu yang tk diberi wewangian untuk menyeka di lipatan leher dan yang terakhir pada alat kelamin.

Banyak bayi baru lahir yang memiliki iritasi ringan kulit, seperti ruam atau kekeringan. Ini normal dan akan hilang dengan sendirinya dalam waktu satu atau dua minggu.

Semoga bermanfaat ya tips 24 jam pertama bersama sang buah hati yang baru lahir.

Berita Terkait

Berita Terkini