Anak

Atresia Bilier, Penyakit yang Menyerang Anak Sahabat Ringgo Agus

Simak gejala dan penyebab penyakit atresia bilier.

Rauhanda Riyantama | Yuliana Sere

Ringgo Agus Rahman. (kolase)
Ringgo Agus Rahman. (kolase)

Himedik.com - Sebelum menjadi seorang aktor, Ringgo Agus Rahman dikenal sebagai seorang penyiar radio OZ Bandung. Pria kelahiran 36 tahun lalu ini memang terkenal dengan berbagai aksi spontannya yang sering mengundang gelak.

Pada (5/9/2018) suami Sabai Morscheck itu memosting sebuah hasil tangkapan layar dari akun @lisaearmelita pada instagram story-nya yang diduga adalah sahabat Ringgo.

''Dear all, saya mau coba bantu sahabat saya @ninajuniar yang melahirkan anak pertamanya pada Ramadhan lalu yaitu Naila Ramadhani umur 3 bulan.

Naila didiagnosa sakit atresia bilier yaitu penyakit langka dan hanya menyerang bayi, sehingga membutuhkan transplantasi hati dengan biaya 860 juta (BPJS hanya cover max 250 juta).

Kami sangat membutuhkan doa dari teman semua, dan juga dana untuk melanjutkan pengobatan dan operasi transplantasi hati Naila.

Bantuan dapat disalurkan melalui BCA an Bima Aditya Rakhman (ayah Naila) no.rek 5465222368. No HP: 085966590466 atau melalui https: //m.kitabisa.com/FORNAILA

Terimakasih teman2''.

Unggahan di instagram story Ringgo. (screenshot)
Unggahan di instagram story Ringgo. (screenshot)

Menurut hasil penelusuran HiMedik, penyakit yang menyerang Naila itu merupakan salah satu penyakit langka yang menyerang saluran empedu pada hati.

Saluran yang sebenarnya berfungsi untuk membuang racun serta sisa metabolisme tubuh tersumbat yang mengakibatkan pembengkakan.

Alhasil, organ hati menjadi sulit untuk mengeluarkan racun dari tubuh.

Pada umumnya, bayi yang terlahir dengan kondisi ini juga menderita cacat pada usus, jantung serta limpa.

Penyakit atresia bilier bisa ditangani sedini mungkin jika gejala-gejalanya sudah diketahui. Beberapa gejalanya meliputi, tinja yang berwarna kelabu atau putih, urin berwarna gelap, serta lambatnya pertumbuhan si kecil.

Tidak hanya itu, gejala lain bisa meliputi mata menguning, perut yang buncit serta penurunan berat badan.

Penyebab dari atresia bilier itu sendiri ada beberapa, seperti:

1. Infeksi bakteri atau virus setelah bayi lahir

2. Mutasi genetik

3. Kelainan autoimun

4. Saluran empedu dan hati yang berkembang tak normal, dan

5. Janin yang terpapar bahan berbahaya ketika masih berada dalam kandungan

Setiap bayi memang memiliki kondisi fisik yang berbeda, namun bayi biasanya menunjukkan gejala-gejala di atas ketika berumur 2-3 minggu.

Segera periksa ke dokter jika gejala-gejala di atas terjadi pada si kecil.

Berita Terkait

Berita Terkini