Anak

Begini Aturan Beri Camilan Pada Si Buah Hati

Camilan yang diberikan sebaiknya segar dan enak.

Rauhanda Riyantama | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Ilustrasi camilan sehat. (iStock)
Ilustrasi camilan sehat. (iStock)

Himedik.com - Ketika si kecil tidak mau makan, biasanya ibu akan memberikan camilan supaya tidak lapar. Di sisi lain, camilan juga diperlukan untuk memenuhi nutrisi anak.

Tapi bunda, kamu perlu berhati-hati dalam memberikan camilan pada si buah hati terutama jika usianya masih sekitar lima tahun. Berikut tips sederhananya.

Pertama yang harus kamu perhatikan adalah sumber camilan. Berikan anak camilan yang segar dan enak seperti buah kesukaannya. Tak hanya kaya nutrisi, camilan sehat ini juga bisa melindungi si kecil dari bahaya snack kemasan.

Nah, jika akhirnya si kecil memilih snack kemasan sebaiknya jangan turuti. Pasalnya kandungan MSG, pengawet, dan zat lainnya tidak baik untuk kesehatan.

buah potong (shutterstock)
Buah potong (shutterstock)

Solusinya, kamu bisa bikin snack sendiri seperti cookies, keripik dari buah, dan lainnya.

Selain itu kamu juga bisa menawarkan si kecil beragam makanan bernutrisi. Biarkan dia memilih, sebagai upaya latihan untuk meningkatkan kemampuan mengendalikan diri anak.

Terakhir yaitu jangan pernah paksa anak jika memang tidak mau. Sebagai saran kamu bisa kombinasikan makanan baru ini dengan makanan lama (yang disukai anak).

Dengan begitu, ada kemungkinan anak mau menerima camilan yang diberikan. Ini juga bisa dijadikan trik selanjutnya jika bunda memberikan camilan baru lagi jika si kecil menolaknya.

Nah, bagaimana mudah dan sangat sederhana kan? Meski demikian jangan biarkan anak hanya makan camilan ya!

Berita Terkait

Berita Terkini