Anak

Tips Memilih Sunblock yang Baik untuk Anak

Kulit anak yang masih sangat sensitif perlu perlindungan terbaik dari paparan sinar matahari.

Rima Sekarani Imamun Nissa | Krishnayanti C

Ilustrasi (familyeducation)
Ilustrasi (familyeducation)

Himedik.com - Berenang dan bermain di pantai memang menjadi favorit bagi anak-anak. Namun, orang tua harus memperhatikan perlindungan kulit untuk si anak, mengingat kulit anak masih sangat sensitif dan mudah iritasi saat terkena sinar matahari.

Sunblock atau tabir surya adalah cara yang tepat untuk melindungi kulit anak dari paparan sinar matahari. Lalu, sunblock seperti apa yang cocok untuk kulit anak-anak? Berikut tips dalam memilih sunblock untuk anak.

1. Mengandung SPF 30 atau lebih

Sun Protection Factor (SPF) adalah angka penentu seberapa lama kulit anak akan terlindungi dari sengatan matahari. Semakin tinggi angka SPF, maka kulit anak akan semakin lama terlindungi dari risiko kulit terbakar dan kanker kulit.

Dr. Emma Wedgeworth, seorang konsultan dokter kulit sekaligus juru bicara British Skin Foundation menyatakan bahwa sunblock yang baik untuk kulit anak adalah yang mengandung SPF tinggi, minimal SPF 30.

2. Bertuliskan Broad Spectrum pada label

Broad Spectrum adalah produk sunblock yang mampu melindungi kulit dari kedua jenis radiasi sinar matahari, yaitu ultraviolet A (UVA) yang artinya penuaan dan ultraviolet B (UVB) yang artinya pembakaran.

Dengan memilih sunblock yang bertuliskan broad spectrum, kulit anak akan terlindung dari kulit gosong dan penuaan dini.

3. Tahan air

Pilihlah sunblock yang tahan air, agar sunblock lebih lama menempel pada kulit saat terkena air dan keringat. Karena jika tidak tahan air, sunblock yang sudah dioleskan pada kulit akan luntur terkena air dan keringat.

Sunblock yang tahan air biasanya akan bertahan 40-80 menit pada kulit.

Cara mengoleskan sunblock pada anak yaitu,

1. Oleskan 15-30 menit sebelum anak terpapar sinar matahari, agar sunblock dapat terserap maksimal pada kulit.

2. Oleskan pada tangan, kaki, punggung, leher, telinga, atau bagian lain yang tidak tertutup baju.

3. Oleskan ulang setiap dua jam sekali.

Berita Terkini