Anak

Kapan Seharusnya Anak Mulai Sikat Gigi?

Beberapa dokter menyarankan anak mulai sikat gigi ketika menginjak usia dua hingga tiga tahun.

Rendy Adrikni Sadikin | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Ilustrasi anak sikat gigi. (iStock)
Ilustrasi anak sikat gigi. (iStock)

Himedik.com - Kesehatan gigi dan mulut merupakan hal yang harus diperhatikan. Tak hanya pada orang dewasa, anak-anak pun juga harus diajari cara merawat kesehatan gigi dengan benar.

Masalahnya adalah kapan sebenarnya waktu yang tepat untuk anak merawat giginya? Mengingat dikhawatirkan pasta gigi akan ikut tertelan ketika anak diajari menggosok gigi. Tapi di sisi lain perawatan gigi juga diperlukan sedini mungkin.

Perlu kamu tahu, pada saat bayi lahir ada 20 benih gigi susu yang sudah tertanam dalam rahang. Biasanya, gigi pertama muncul ketika si kecil berada pada rentang usia 6-12 bulan. Tapi, gigi susu akan tumbuh lengkap ketika si kecil berusia tiga tahun.

Pada dasarnya tidak ada patokan pasti di usia berapa anak harus mulai menggosok giginya. Yang jelas akan lebih baik jika setelah gigi tumbuh, perawatan mulai dilakukan.

Sejalan dengan itu beberapa pakar menyarankan, sebaiknya anak mulai menggosok gigi ketika sudah ada empat gigi yang tumbuh. Sedangkan beberapa lainnya menyarankan ketika anak sudah berusia 2-3 tahun.

Ilustrasi ibu mengajari anak sikat gigi. (pixabay)
Ilustrasi ibu mengajari anak sikat gigi. (pixabay)

Mengingat anak masih terlalu kecil untuk mencoba menyikat giginya sendiri, maka orangtua yang harus ambil peran di sini. Sembari menggosok giginya, ajari anak caranya menggosok gigi dengan benar.

Jika memungkinkan berikan pasta gigi dengan formula khusus untuk anak-anak. Apabila keduanya belum mungkin dilakukan, kamu bisa menggunakan telunjuk yang telah dibungkus kasa bersih, lalu celupkan ke air hangat, dan gosokkan perlahan pada gigi anak.

Penggunaan pasta gigi pada anak yang disarankan oleh American Dental Association dan American Academy of Pediatrics adalah seukuran sebutir beras setelah gigi pertama si kecil muncul.

Lebih lanjut lembaga tersebut juga menyarankan untuk memilih pasta gigi dengan kandungan fluoride.

Merawat gigi sama pentingnya seperti merawat tubuh. Jadi, meski masih anak-anak jangan sepelekan seputar perawatan giginya.

Berita Terkait

Berita Terkini