Anak

Anak Tidak Mau Makan Ikan? Tenang, Ikuti Empat Cara Ini

Daging ikan dapat diolah dalam bentuk apapun agar anak-anak menyukainya.

Galih Priatmojo | Krishnayanti C

Ilustrasi anak makan ikan (pixabay)
Ilustrasi anak makan ikan (pixabay)

Himedik.com - Siapapun pasti sudah mengetahui bahwa sumber protein terbaik adalah ikan. Ikan mengandung nutrisi yang berperan dalam kecerdasan otak, kesehatan, dan tumbuh kembang organ tubuh lainnya.

Meskipun begitu, masih banyak anak-anak yang tidak menyukai ikan. Berbagai alasan muncul seperti bau amis, tekstur yang menurut mereka aneh, banyak duri, dan lain-lain. Padahal, di usia anak-anak yang sangat dini, ikan sangat diperlukan untuk tumbuh kembangnya.

Jangan khawatir Moms, berikut cara agar anak mau makan ikan.

1. Sajikan ikan dengan tekstur yang pas

Menurut Annabel Karmel, seorang penulis buku Top 100 Baby Purees, anak-anak lebih menyukai ikan yang tidak kering, empuk, dan mudah dikunyah. Misalnya ditumis dan dikombinasi bersama pasta atau nasi goreng.

2. Suwir atau potong-potong daging ikan

Bentuk ikan yang besar dan berduri akan menyulitkan anak untuk memakannya. Maka dari itu, suwir atau potong-potong daging ikan agar tidak repot dan langsung disantap.

3. Olah menjadi bentuk lain

Ilustrasi ikan (pixabay)
Ilustrasi ikan (pixabay)

Anak-anak biasanya menyukai makanan dengan bentuk yang menarik. Kamu bisa kreasikan ikan dengan bentuk-bentuk lucu agar anak tertarik untuk menyantapnya.

4. Sisipkan sebagai cemilan

Buatlah camilan berbahan dasar ikan berukuran kecil, seperti bakso ikan atau bakwan ikan.

Jika anak benar-benar tidak mau makan ikan, kamu bisa coba poin terakhir. Dengan begitu, anak tidak menyadari bahwa terdapat daging ikan di dalamnya.

Berita Terkait

Berita Terkini