Wanita

Empat Kebiasaan di Malam Hari yang Ternyata Dapat Merusak Rambut

Jangan teruskan kebiasaan ini jika kamu masih sering melakukannya.

Rauhanda Riyantama | Krishnayanti C

Ilustrasi merawat rambut (pixabay)
Ilustrasi merawat rambut (pixabay)

Himedik.com - Padatnya aktivitas dari pagi sampai malam membuat banyak wanita malas untuk membersihkan dan merawat rambut sebelum tidur.

Wajar saja jika kamu lelah setelah beraktivitas seharian dan ingin langsung tidur tanpa mempedulikan rambut. Namun, jangan jadikan kebiasaan tersebut selalu muncul pada dirimu. Karena, beberapa kebiasaan di malam hari ini dapat memicu kerusakan rambut.

1. Tidur dengan rambut yang masih basah

Ilustrasi (pixabay)
Ilustrasi (pixabay)

Keramas di malam hari sebelum tidur pasti sering kamu lakukan karena tidak ingin keramas di pagi buta sebelum berangkat ke kantor atau sekolah.

Ted Gibson, seorang penata rambut sekaligus pemilik salon di New York, menjelaskan bahwa gesekan antara seprai dengan rambut basah akan membuat kutikula rambut (lapisan paling luar dari rambut) menjadi kasar.

Akibatnya rambut mudah kering, rontok, dan bercabang. Sebaiknya, jika ingin keramas di malam hari, pastikan rambut sudah benar-benar kering sebelum tidur.

2. Mengikat rambut saat tidur

Mengikat rambut di bagian sama dalam waktu yang lama dapat membuat rambut rontok dan rusak. Apalagi jika kamu sering melakukannya saat tidur malam.

Biarkan rambutmu bernapas dengan tidak mengikatnya secara terus-menerus.

3. Tidak menyisir rambut

Ilustrasi menyisir rambut (pixabay)
Ilustrasi menyisir rambut (pixabay)

Usahakan kamu selalu menyisir rambut sebelum tidur, karena kebiasaan menyisir rambut di malam hari sebelum tidur dapat merangsang produksi minyak alami rambut, mencegah rambut kering, dan merangsang pertumbuhan rambut baru.

4. Menyisir rambut dalam keadaan basah

Hampir sama dengan tidur saat rambut masih basah, kebiasaan menyisir rambut dalam keadaan basah juga dapat membuat rambut mudah rontok.

Berita Terkait

Berita Terkini