Info

Plus Minus Konsumsi Honeycomb

Konsumsi honeycomb ternyata mampu menjaga kesehatan mulut.

Rauhanda Riyantama | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Honeycomb. (pixabay)
Honeycomb. (pixabay)

Himedik.com - Meski bukan hal baru, namun belakangan ini tren konsumsi madu sedang naik daun. Tak tanggung-tangung, madu dikonsumsi sekaligus bersama sarangnya. Sensasi renyah bercampur manis terasa hingga di lidah siapapun yang memakannya.

Perlu kamu tahu, lebah membuat sarangnya menggunakan getah madu. Kadar airnya sangat sedikit sehingga tampak lebih padat. Di setiap sel honeycomb mengandung madu murni yang sama sekali belum tersentuh oleh proses campur tangan manusia.

Dibandingkan dengan madu, kandungan airnya lebih banyak dari honeycomb. Madu juga sudah tersentuh proses campur tangan manusia ketika diambil, diolah, dan dipisahkan dari sarangnya.

Dilihat dari kandungan nutrisinya, dalam 100 gr honeycomb mengandung sekitar 391 kalori, 563 mg sodium, 115 mg potasium, 89 gr karbohidrat, protein 3 gr, serat pangan 3 gr.

Sedangkan madu mengandung kalori sebanyak 304 kkal, protein 300 mg, serat 200 mg, gula 82.12 gr, sodium 4 mg, kalium 52 mg.

Keduanya tidak mengandung lemak jenuh sehingga baik untuk kesehatan.

Lalu adakah manfaat lebih yang didapatkan dari konsumsi honeycomb jika dibandingkan dengan konsumsi madu saja?

Honeycomb. (pixabay)
Honeycomb. (pixabay)

Getah dalam honeycomb dapat membantu memperkuat gusi serta menghilangkan plak pada gigi. Selain itu, zat antibakteri yang terkandung di dalamnya juga bermanfaat menyembuhkan infeksi pada gusi dan gigi.

Nah, getah tersebut tidak akan didapatkan jika hanya konsumsi madunya saja. Sehingga dapat dikatakan konsumsi honeycomb dapat membantu menjaga kesehatan mulut.

Tapi, kamu perlu waspada karena konsumsi honeycomb terlalu banyak bisa sebabkan lambung mengalami obstruksi. Hal ini bisa terjadi karena getah madu dan sarang lebah yang sulit dicerna akan terakumulasi di lambung sehingga menyebabkan penyumbatan saluran menuju usus.

Biar kamu tahu sensasi renyah dan menggiurkannya konsumsi honeycomb, yuk tonton video berikut.

Berita Terkait

Berita Terkini