Anak

Empat Cara Menyenangkan untuk Mengenalkan Uang Pada Anak

Selain menabung, banyak cara yang mudah dan menyenangkan untuk mengenalkan uang kepada anak.

Rauhanda Riyantama | Krishnayanti C

Ilustrasi uang (pixabay)
Ilustrasi uang (pixabay)

Himedik.com - Mengenalkan uang sejak dini pada anak merupakan hal yang penting untuk kehidupannya kelak saat ia dewasa. Mulai dari hal sederhana saja, misalnya menabung.

Selain itu, banyak cara mudah dan menyenangkan untuk mengenalkan uang pada anak, yaitu

1. Berikan uang jajan mingguan

Memberikan jatah uang jajan kepada anak menjelaskan bahwa uang adalah barang yang terbatas sehingga harus digunakan dengan baik dan bijaksana.

Jelaskan juga tidak ada lagi yang tersisa jika uang minggu ini habis dan tidak boleh minta sebelum waktunya. Kamu bisa tambahkan nominal uangnya seiring waktu untuk memantau bagaimana si kecil mempergunakan uang.

2. Ajak anak belanja

Ajak anak belanja (pixabay)
Ajak anak belanja. (pixabay)

Saat belanja, kamu bisa minta si kecil bandingkan harga suatu barang dalam beberapa merek sehingga kesadaran dan kendali pada uang akan meningkat.

Selain itu, ajarkan bijaksana dalam memilih barang mana yang dibutuhkan dan tidak dibutuhkan.

3. Permainan koin

Kenalkan koin pada anak dengan jumlah nominal yang berbeda-beda. Kemudian cobalah minta si kecil mengelompokkan koin dengan nominal yang berbeda-beda sampai jumlahnya sama dengan 1 nominal uang, misalnya 1.000 rupiah atau 500 rupiah.

4. Ajarkan untuk saling berbagi

Tidak hanya menabung dan menghemat, namun ajarkan anak untuk selalu memberi kepada orang yang lebih membutuhkan. Atau kamu juga bisa biasakan anak untuk mengisi kotak amal. Namun, sebelumnya jelaskan dulu seperti apa orang yang lebih membutuhkan itu serta kotak amal yang akan ia isi.

Berita Terkait

Berita Terkini