Anak

Kenali Tanda Bayi Mulai Tumbuh Gigi

Perhatikan juga tindakan yang harus dilakukan saat bayi mulai tumbuh gigi.

Rauhanda Riyantama | Yuliana Sere

Gigi bayi. (pixabay)
Gigi bayi. (pixabay)

Himedik.com - Ada banyak tanda yang bisa kamu lihat saat gigi bayi mau tumbuh.  Gigi bayi yang mau tumbuh juga merupakan saat yang tepat untuk memperkenalkan MPASI atau makanan pendukung ASI.

Pada umumnya, gigi pertama si kecil akan tumbuh saat sudah berusia 4 sampai 6 bulan.

Beberapa tanda bayi mulai tumbuh gigi telah berhasil dirangkum HiMedik dari laman babycenter.

1. Bayi sering rewel

2. Kadang terdapat ruam pada wajah

3. Gusinya menjadi bengkak dan sensitif

4. Selalu membuat gerakan mengunyah

5. Tidak mau makan

6. Sulit tidur

Lalu apakah benar saat bayi tumbuh gigi, mereka juga mengalami demam diare atau hidung berair?

Beberapa orang tua mengatakan bayi mereka juga mengalami demam, diare atau hidung berair tepat sebelum gigi baru tumbuh, tetapi tidak ada bukti ilmiah bahwa tumbuh gigi menyebabkan gejala-gejala ini.

Gigi bayi. (pixabay)
Gigi bayi. (pixabay)

 

American Academy of Pediatrics mengatakan meskipun suhu tubuh bayi mungkin sedikit naik ketika tumbuh gigi, demam dan diare bukanlah merupakan gejala.

Jika anak demam bersama dengan gejala lain seperti kurang nafsu makan, muntah, lesu, atau diare, hubungi dokternya untuk menghindari hal yang lebih serius.

Apa yang harus kamu lakukan untu membantu bayi yang sedang tumbuh gigi?

Kamu bisa memberinya sesuatu untuk dikunyah misalnya kain lap dingin bersih yang telah kamu dinginkan di kulkas (bukan d freezer).

Gosokkan jari bersih dengan lembut tetapi kuat di atas gusinya untuk mengurangi rasa sakit. Jika bayi cukup umur untuk makan makanan padat, kamu bisa berikan yoghurt atau biskuit bayi.

Pastikan kamu selalu mengawasinya agar tidak tersedak.

Jika beberapa cara di atas tidak mengurangi rasa sakit pada si kecil, beberapa dokter mungkin menyarankan memberikan acetaminophen atau ibuprofen (untuk bayi 6 bulan ke atas).

Jangan berikan aspirin pada bayi (atau bahkan gosokkan pada gusinya) untuk mengurangi rasa sakit karena dapat menyebabkan sindrom Reye, kondisi yang mengancam jiwa.

Selain itu, jangan gunakan gel atau obat topikal yang mengandung benzocaine.

FDA memperingatkan penggunaan produk tumbuh gigi dapat menyebabkan methemoglobinemia, kondisi yang jarang dan serius (kadang-kadang fatal) di mana jumlah oksigen dalam darah turun sangat rendah.

Berita Terkait

Berita Terkini