Anak

Didik Anak Agar Disiplin dengan Cara Simpel Ini

Yuk, simak apa saja tipsnya.

Angga Roni Priambodo | Yuliana Sere

Ilustrasi. (pixabay)
Ilustrasi. (pixabay)

Himedik.com - Setiap orangtua punya caranya masing-masing dalam mendidik anak agar disiplin. Hal ini sangat esensial karena ini juga yang akan menentukan sikap dan perilaku anak ketika ia besar kelak.

Di sisi lain, anak yang sering dimanjakan orangtua biasanya akan seenaknya melakukan apa pun karena merasa bebas atau dengan kata lain tidak ada larangan dari orangtua. Cara ini justru akan merusak karakter anak seiring ia bertumbuh.

Seorang penulis Unlocking Parental Intelligence, Laurie Hollman, Ph.D, menjelaskan adanya sebuah organisasi di dalam keluarga akan membuat hidup seseorang lebih baik.

Ini bisa mendorong adanya rasa tanggung jawab, hubungan, perhatian serta nilai positif lainnya.

Sementara itu, penulis How Toddlers Thrive, Tovah Klein, Ph.D, mengungkapkan saat anak mencari barang yang mereka butuhkan lalu mendapatkannya, mereka tahu dimana letak barang itu disimpan dan mulai menerapkan ke dalam kehidupan mereka.

Dilansir dari WebMD, HiMedik menemukan beberapa cara simpel mendidik anak agar disiplin.

1. Disiplinkan dirimu terlebih dahulu

Anak suka meniru. Ketika mereka tahu kamu disiplin, misalnya kamu tahu di mana letak penggunting kuku saat kamu ingin menggunakannya maka mereka akan melihat.

Pelan-pelan anak mulai mengikuti alur itu. Contohnya, beri tahu mereka tempat meletakkan benda-benda kecil yang sulit ditemukan sehingga suatu saat mudah untuk mendapatkannya.

Ilustrasi. (pixabay)
Ilustrasi. (pixabay)

2. Konsisten dengan aturan yang telah kamu buat

Ini penting sebab anak memiliki ingatan yang kuat. Mereka mengingat setiap detail yang kamu sampaikan. Ketika kamu tidak konsisten dengan apa yang kamu sampaikan, maka mereka akan menganggap itu sambil lalu. Buat aturan yang jelas.

3. Beri hadiah ketika ia melakukan sesuatu yang baik

Jika hadiah terlalu berat, coba berikan pujian ketika ia sudah berniat melakukan sesuatu yang baik. Ini bukan hanya memberikannya semangat, tetapi juga rasa percaya diri bahwa apa yang ia lakukan adalah sesuatu yang bernilai positif. Tidak menutup kemungkinan ia akan melakukannya lagi.

4. Tenangkan dirimu ketika emosi

Jangan langsung emosi ketika anak melakukan sesuatu yang salah. Bicara perlahan dengan nada pelan. Jika kamu sulit mengendalikannya, kamu dapat pergi sebentar ke kamar, atur pikiran dan napasmu kemudian ajak dia bicara. Ingat jangan langsung membentaknya ya.

Itu tadi beberapa cara yang bisa kamu bikin agar anak disiplin. Semoga bermanfaat.

Berita Terkait

Berita Terkini