Anak

Isvi, Bocah 4 Tahun Idap Penyakit Langka Stevens Johnson Syndrome

Stevens Johnson Syndrome (SJS) merupakan penyakit langka yang menyebabkan kulit penderita gatal-gatal, melepuh, hingga mengelupas.

Rauhanda Riyantama | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Isvi. (twitter/@nuttegum)
Isvi. (twitter/@nuttegum)

Himedik.com - Malang nian nasib bocah satu ini. Di usianya yang masih sangat muda, Isvi sudah harus menderita penyakit langka Sindrom Stevens Johnson.

Ironisnya, bocah asal Bekasi ini mengalami kendala biaya pengobatan, kartu sehat yang dimiliki tidak dapat digunakan. Kisahnya ramai dibagikan di twitter.

Terlihat dalam unggahan, Isvi tergeletak di kasur. Kondisi kulit di sekujur tubuhnya melepuh seperti ada cairan di dalamnya.

Isvi. (twitter/@nuttegum)
Isvi. (twitter/@nuttegum)

Saat ini telah dibuka penggalangan dana untuk Isvi melalui laman kitabisa.com bertajuk 'Isvi sembuh lawan Stevens Johnson Syndrome'.

Kisah Isvi viral. (twitter/@nuttegum)
Kisah Isvi viral. (twitter/@nuttegum)

Sekadar informasi, Stevens Johnson Syndrome (SJS) merupakan penyakit langka yang menyebabkan kulit penderita gatal-gatal, melepuh, hingga mengelupas karena reaksi berlebihan terhadap infeksi dan obat tertentu.

Orang yang terkena SJS harus segera mendapat perawatan karena jika kondisi parah bisa mengakibatkan kematian. Umumnya penyebab Stevens Johnson Syndrome dipicu oleh penggunaan obat, virus, atau kuman tertentu.

Sedangkan gejala sindrom Stevens Johnson diawali dengan gejala mirip flu yaitu batuk, mata terasa panas, radang tenggorokan, serta demam. Namun, setelah beberapa hari akan muncul gejala lain seperti ruam yang menyebar di kulit berwarna merah atau keungunan, terasa sakit, bahkan melepuh, persendian nyeri, hingga pembengkakan di lidah dan wajah.

Berita Terkait

Berita Terkini