Pria

Bigorexia, Kondisi yang Sebabkan Pria Dambakan Tubuh Kekar

Kondisi ini juga berhubungan dengan masalah kejiwaan.

Dany Garjito | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Ilustrasi pria bertubuh kekar. (pixabay/calibra)
Ilustrasi pria bertubuh kekar. (pixabay/calibra)

Himedik.com - Tak hanya wanita, pria juga pengin tubuhnya terlihat seksi. Perut kotak-kotak layaknya roti sobek, lengan kekar, serta dada bidang, merupakan dambaan bagi beberapa pria.

Tak ada yang salah dengan keinginan itu. Hanya saja jika dilakukan dengan obsesi berlebihan sehingga selalau merasa tubuh belum cukup ideal ini bisa menjadi pertanda bigorexia dan kamu harus segera konsultasi ke dokter.

Bigorexia masih berkaitan dengan body dysmorphic disorder yaitu jenis gangguan jiwa yang menyebabkan penderita terobsesi dengan bentuk tubuhnya. Disebut juga dengan istilah muscle dysmorphia, gejalanya ditandai dengan selalu khawatir tentang penampilan tubuh dan 'kekurangan' yang ada pada tubuh.

Ilustrasi pria bertubuh kekar. (pixabay/Free-Photos)
Ilustrasi pria bertubuh kekar. (pixabay/Free-Photos)

 

Penderita akan terus merasa cemas dan membandingkan fisiknya dengan orang lain yang badannya lebih bagus. Sehingga mereka akan menghalalkan segala cara untuk mendapatkan bentuk tubuh yang diinginkan. Termasuk melakukan diet ekstrem dan olahraga berlebihan.

Penyebab bigorexia tidak diketahui secara pasti, tapi faktor lingkungan dan biologis berpotensi menjadi penyebabnya. Bahkan 1 dari 10 pria yang rutin pergi nge-gym menunjukkan gejala bigorexia, sayangnya banyak yang tidak menyadarinya.

Nah, kalau kamu merasa mengalami gejala bigorexia, segera pergi ke dokter ya!

Berita Terkait

Berita Terkini