Anak

Ikatan Batin Antara Ibu dan Anak Itu Nyata, Ini Buktinya

Sang bayi terdiam lalu tertawa ketika pria yang mendapat donor jantung dari ibunya menggendongnya.

Rauhanda Riyantama | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Ilustrasi ibu dan anaknya. (pixabay/PublicDomainPictures)
Ilustrasi ibu dan anaknya. (pixabay/PublicDomainPictures)

Himedik.com - Berbeda dengan sang ayah, ibu dan anak memiliki ikatan batin yang kuat. Bahkan ikatan itu terbentuk sejak bayi dilahirkan.

Belum ada penjelasan lengkap bagaimana ikatan tersebut terbentuk. Namun menurut sebuah penelitian, hal itu ada kaitannya dengan hormon dopamin ibu dan ketika ibu melihat anaknya yang baru lahir, hormon kebahagiaan tersebut akan diproduksi tubuh.

Lebih jelasnya penelitian tersebut melakukan riset untuk mengetahui apa saja yang terjadi di otak ketika ibu merawat bayinya. Ketika melihat foto dan video yang sedang merawat bayinya, otak ibu dipindai dengan alat medis khusus sehingga bisa diketahui cara kerja otak.

Hasilnya, otak ibu menghasilkan lebih banyak hormon dopamin ketika mereka melihat dokumentasi tersebut. Dari situlah akhirnya para peneliti sepakat bahwa dopamin merupakan penguat ikatan batin ibu dan anak.

Ilustrasi bayi menangis. (pixabay/joffi)
Ilustrasi bayi menangis. (pixabay/joffi)

 

Sekaligus dopamin dapat memotivasi sang ibu untuk berbuat lebih banyak bagi anak-anaknya. Maka tak heran banyak ibu yang rela melakukan apa saja asal anaknya bahagia.

Salah satu bukti ikatan ibu dan anak terlihat dalam potongan video berikut. Dalam video yang berdurasi sekitar satu menit ini terlihat ada bayi yang tak henti menangis. Klik di sini untuk video lengkapnya.

Beberapa orang telah mencoba menenangkan, tapi tak kunjung berhasil. Hingga akhirnya ada seorang pria datang menggendong dan seketika sang bayi diam lalu tertawa.

Ternyata jantung sang ibu yang telah meninggal, didonorkan pada pria tersebut. Entah bagaimana, yang jelas sang bayi seperti merasa bahwa ia sedang berada di pelukan ibunya karena organ sang ibu berada di sana.

So, guys sayangi ibumu karena hanya dialah satu-satunya orang yang akan melakukan apapun untukmu tanpa minta imbalan.

Berita Terkait

Berita Terkini