Info

Teh, Kopi, dan Cokelat, Mana yang Kadar Kafein Paling Tinggi?

Kopi jenis espresso memiliki kandungan kafein paling tinggi.

Rauhanda Riyantama | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Kopi. (pixabay)
Kopi. (pixabay)

Himedik.com - Kafein atau trimethylxanthine merupakan senyawa yang secara alami terdapat dalam beberapa jenis makanan. Sedangkan bentuk aslinya, kafein berupa bubuk kristal berwarna putih dan rasanya sangat pahit.

Kafein bersifat diuretik yaitu dapat meningkatkan produksi urin. Selain itu konsumsi kafein juga dapat menstimulasi kerja otak dan jantung.

Teh, kopi, dan cokelat merupakan beberapa jenis tanaman yang secara alami mengandung kafein. Namun, kafein juga dimasukkan dalam pembuatan beberapa jenis minuman olahan seperti soda dan minuman berenergi.

Lalu, dari beberapa jenis minuman yang mengandung kafein, jenis mana sih yang sebenarnya memiliki kadar kafein tinggi? Berikut kadar kafein beberapa jenis minuman yang dihimpun dari akun twitter Dr. Mehmet Oz.

Kadar kafein dalam minuman. (twitter/DrOz)
Kadar kafein dalam minuman. (twitter/DrOz)

Meski ada beberapa yang volumenya tidak sama (ada yang 1 oz, 8 oz, dan 12 oz), tapi dari situ bisa dibandingkan bahwa antara cokelat hitam dan cokelat putih kandungan kafeinnya lebih tinggi cokelat hitam.

Begitu pula dengan 8 oz teh hitam yang memiliki kadar kafein lebih tinggi dari 8 oz teh hijau. Sedangkan kadar kafein paling tinggi terdapat dalam 8 oz kopi seduh yaitu mencapai 98,4 mg dibandingkan dengan 8 oz kopi instan yang hanya 62,8 mg.

Namun, dari semua jenis minuman yang ada, jenis espresso lah yang memiliki kadar kafein paling tinggi. Terlihat dalam 1 oz espresso mengandung kafein sebanyak 63,6 mg.

Jadi, kalau kamu punya masalah dengan kafein, sebaiknya hati-hati ya. Mending pilih minuman cokelat panas atau teh hijau yang kandungan kafeinnya rendah.

Berita Terkait

Berita Terkini