Anak

Anak Tersiram Air Panas? Jangan Panik Begini Cara Mengatasinya

Basuh dengan air mengalir dan jangan olesi dengan pasta gigi.

Stephanus Aranditio | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Ilustrasi air panas. (pixabay)
Ilustrasi air panas. (pixabay)

Himedik.com - Berdasarkan data American Burn Association setidaknya di Amerika ada sekitar 486 ribu orang keluar-masuk ruang gawat darurat setiap tahunnya akibat luka bakar. Kata para ahli, luka bakar yang disebabkan oleh cairan maupun uap panas, merupakan luka bakar yang paling umum dialami orang dewasa hingga anak-anak.

Masalahnya, tak jarang banyak orangtua yang panik ketika anaknya tersiram air panas. Tenang mom, lakukan 3 langkah mudah pertolongan pertama anak tersiram air panas di bawah ini.

1. Basuh dengan air mengalir

Segera basuh area yang tersiram air panas dengan air bersih yang mengalir bersuhu normal selama kurang lebih 5 hingga 10 menit. Namun, jika area yang tersiram tertutup pakaian, siram terlebih dahulu pakaian, lalu lepaskan.

2. Obati

Obati area yang tersiram dengan mengolesinya krim khusus luka bakar. Ingat ya mom, jangan gunakan sembarang bahan seperti pasta gigi yang selama ini banyak orang fungsikan sebagai obat luka saat tersiram air panas.

Ilustrasi krim luka bakar. (pixabay)
Ilustrasi krim luka bakar. (pixabay)

 

Pasalnya menurut para ahli bahan tersebut justru menghambat proses penyembuhan. Lalu, jika kulit melepuh jangan memecahkan lepuhannya karena dapat meningkatkan risiko infeksi.

Cukup olesi dengan krim dan biarkan luka tetap terbuka. Namun, jika tidak melepuh tutup luka dengan kain kasa steril yang telah dibasahi dengan rivanol dan jangan tambahkan kapas ya mom, takutnya menempel pada luka.

3. Segera ke dokter

Setelah dilakukan pertolongan pertama, tapi luka tak kunjung membaik, ada baiknya mom segera pergi ke dokter supaya dilakukan perawatan lebih lanjut.

Itulah tips pertolongan pertama anak tersiram air panas yang wajib moms tahu. Semoga bermanfaat.

Berita Terkait

Berita Terkini