Info

Tiga Manfaat Kunyit untuk Kesehatan

BIsa atasi depresi lho.

Rauhanda Riyantama | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Kunyit. (pixabay/stevepb)
Kunyit. (pixabay/stevepb)

Himedik.com - Kunyit merupakan salah satu rempah-rempah yang memiliki banyak manfaat. Selain digunakan untuk bumbu masakan, kunyit juga kerap dimanfaatkan untuk dibuat ramuan herbal.

Bahkan akhir-akhir ini, kunyit telah disebut-sebut sebagai makanan super yang dapat membantu melawan kanker, mengurangi depresi, dan banyak lagi. Berikut ulasan lengkap mengenai manfaat kunyit.

1. Mengatasi depresi

Senyawa yang paling terkenal dari kunyit adalah kurkumin. Para ilmuwan sangat tertarik dengan potensi kurkumin untuk meredakan depresi dan membantu antidepresan bekerja lebih baik. Namun sejauh ini, hasil penelitian mengenai manfaat kunyit untuk mengatasi depresi sangat beragam.

2. Mencegah infeksi virus

Kurkumin juga mungkin membantu tubuh untuk melawan berbagai virus, termasuk herpes dan flu. Namun, perlu diketahui bahwa kunyit hanya memiliki sekitar tiga persen kurkumin.

Ilustrasi virus. (pixabay/qimono)
Ilustrasi virus. (pixabay/qimono)

Sementara itu tubuh tidak bisa menyerap kurkumin dengan baik. Apalagi penelitian pendukung belum dilakukan pada manusia dan hanya sebatas penelitian di laboratorium.

3. Mengatasi diabetes tipe 2

Kurkumin dapat membantu melawan peradangan dan menjaga kadar gula darah tetap stabil. Hal itu secara otomatis bisa menjadi alat yang berguna untuk mencegah atau mengobati diabetes tipe 2.

Dalam sebuah penelitian yang melibatkan sebanyak 240 orang dewasa dengan pradiabetes, menemukan bahwa mengonsumsi suplemen kurkumin lebih dari sembilan bulan menurunkan kemungkinan mereka terkena diabetes.

Meski banyak penelitian terkait hal ini, sayangnya kebanyakan diterapkan pada hewan bukan manusia.

Itulah tiga manfaat kunyit. Tak hanya baik untuk bumbu masakan, ternyata kunyit juga memiliki manfaat kesehatan.

Berita Terkait

Berita Terkini