Anak

Diberi Ibunya Suplemen Kalsium, Bayi Ini Alami Hal Mengerikan

Bayi itu dibawa ke rumah sakit karena urinenya mengandung darah.

Vika Widiastuti

Ilustrasi bayi (Pixabay/esudroff)
Ilustrasi bayi (Pixabay/esudroff)

Himedik.com - Bagi orang tua yang memiliki anak prematur memang menjadi sebuah tantangan tersendiri karena bayi yang lahir secara pramatur biasanya membutuhkan penanganan khusus. Jadi, kesabaran adalah hal penting yang dibutuhkan.

Himedik.com melansir Boldsky, Sabtu (12/1/2018), seorang wanita di China memberikan bayinya tablet kalsium dengan dicampurkan ke dalam susu. Akibatnya, bayi tersebut menderita batu ginjal.

Bayi 22 bulan itu dibawa ke rumah sakit pada Desember 2018 lalu setelah ibunya menyadari, urine anaknya mengandung darah. Pemeriksaan USG pun dilakukan.

Dokter menemukan, ada sembilan batu ginjal di kedua ginjal bayi tersebut. Batu ginjal yang paling besar berukuran sekitar 2 cm.

Batu ginjal tersebut telah memblokir ureter anak bagian atas dan bawah. Akibatnya, bayi perempuan tersebut menderita hidroneforsis atau pembengkakan ginjal.

Para dokter yang melihat kondisi tersebut binggung. Menurut mereka, mustahil seorang anak yang masih berusia 22 bulan menderita begitu banyak batu ginjal.

Ilustrasi ginjal. (pixabay/OpenClipart-Vectors)
Ilustrasi ginjal. (pixabay/OpenClipart-Vectors)

 

Sang ibu pun mengaku menyesal telah memberi bayinya terlalu banyak tablet kalsium yang dicampurkan ke dalam susu.

Diberitakan Guang Ming yang dikutip dari World of Buzz, kebiasaan tersebut telah dilakukan sejak bayi tersebut berusia 10 hari.

Bukan hanya itu, saat bayi tersebut berusia 10 bulan dan belum tumbuh gigi, ibunya juga memerikan lebih banyak kalsium dan minyak ikan yang dibelinya di apotek. Bayi tersebut telah menjalani operasi untuk mengangkat batu ginjalnya dan sekarang telah keluar dari rumah sakit.

Berita Terkait

Berita Terkini