Anak

Bayi Tak Tidur Sepanjang Malam Ternyata Pertanda Baik, lo!

Ini yang perlu orang tua tahu.

Vika Widiastuti | Yuliana Sere

Ilustrasi bayi tidak tidur saat malam hari. (Unsplash/Tim Bish)
Ilustrasi bayi tidak tidur saat malam hari. (Unsplash/Tim Bish)

Himedik.com - Saat bayi bisa tidur di malam hari, tak bisa dipungkiri bahwa kamu merasa sedikit lega karena bisa beristirahat walaupun mungkin cuma sebentar.

Ya, hal ini dirasakan oleh hampir semua orang tua khususnya seorang ibu. Namun, apa jadinya jika bayi tidak bisa tidur saat malam hari?

Ada banyak faktor yang menyebabkan hal ini, misalnya si kecil yang menangis karena merasa lapar atau karena popok yang sudah penuh atau berbagai alasan lain yang membuat sang anak tetap terjaga.

Kamu mungkin khawatir jika ini terjadi terus-menerus. Namun, justru jika si kecil tak tidur sepanjang malam, ini bisa menjadi pertanda baik, menurut para ilmuwan.

Melansir dari mirror.co.uk, sebuah penelitian University of Bristol meneliti tentang hal ini. Menurut para periset, bayi yang tidak tidur sepanjang malam berpotensi lebih pintar daripada mereka yang suka tidur.

Ilustrasi bayi tidak tidur saat malam hari. (Unsplash/Jelleke Vanooteghem)
Ilustrasi bayi tidak tidur saat malam hari. (Unsplash/Jelleke Vanooteghem)

Profesor Peter Fleming yang bekerja di bidang kesehatan bayi dan psikologi perkembangan universitas menjelaskan hal ini.

Dia mengatakan bahwa bayi yang tidak tidur sepanjang malam dan tingkat pencapaian intelektual yang tinggi memiliki hubungan erat satu sama lain.

"Bayi tidak diatur untuk tidur dalam waktu lama," jelasnya. Itu tidak baik untuk mereka dan sama sekali tidak ada bukti bahwa ada manfaat bagi siapa pun yang tidur lebih lama dan konsisten.

"Mungkin ini bukan hal yang ingin didengar oleh kebanyakan orangtua," tuturnya.

Dia menambahkan bahwa bayi biasanya tidur di siang hari dan pukul 18:00 hingga tengah malam, dan ini merupakan waktu bagi mereka untuk bangun.

Sebenarnya ada alasan yang sangat bagus kenapa anak-anak suka bangun pada jam-jam khusus pada malam hari.

"Secara biologis, ini adalah keuntungan besar karena mereka akan memiliki perhatian dari dua pengasuh pada saat yang sama," ungkap Fleming.

Berita Terkait

Berita Terkini