Anak

Pasutri Ini Pertama Kali Dengar Anak Mereka Berbicara Setelah Tiga Tahun

Anak mereka diketahui menderita CHAOS.

Vika Widiastuti | Yuliana Sere

Ilustrasi. (pixabay/cherylt23)
Ilustrasi. (pixabay/cherylt23)

Himedik.com - Sepasang suami istri sangat senang akhirnya mereka bisa mendengar suara anak perempuan mereka untuk pertama kalinya.

Zoey Ellis, dari Coon Rapids, lahir pada bulan Maret 2015 dengan kondisi langka yang membuatnya tak bisa bicara.

Melansir dari dailymail, selama tiga tahun terakhir Zoey menggunakan bahasa isyarat, mencicit dan mengerakkan lidahnya untuk menghasilkan bunyi dan berkomunikasi dengan orangtuanya, Amberlee dan Jeremy.

Musim panas lalu, Zoey menjalani operasi di Ohio untuk memperlebar tenggorokannya menggunakan tulang rawan dari tulang rusuknya.

Sekarang, Zoey sudah bisa berbicara. Dalam sebuah wawancara, ibunya menggambarkan kesedihan karena putrinya yang tidak bisa berbicara sama sekali.

"Saya hamil 20 minggu dan saat itu saya diberitahu bahwa Zoey didiagnosis menderita CHAOS atau Congenital High Airway Obstruction Syndrome," ujarnya.

Ini merupakan kondisi di mana tenggorokan dan pita suara janin terhambat.

Para ilmuwan masih belum yakin apa penyebabnya, tetapi mereka percaya itu mungkin berasal dari jalan napas yang menyempit atau bagian dari trakea yang hilang, menurut UCSF Benioff Children's Hospital.

Janin yang lahir dengan kondisi ini memiliki paru-paru yang membesar, cairan di perut dan gagal jantung karena obstruksi jalan napas.

Perawatan tergantung pada seberapa parah kondisinya. Jika penyumbatannya kecil, maka pembedahan minor diperlukan untuk memperbaiki.

Namun, jika penyumbatannya parah, bayi memerlukan tabung trake. Tabung ini dipasang langsung ke tenggorokan.

Zoey saat ini dalam terapi wicara tetapi ibunya mendorongnya untuk tetap menggunakan bahasa isyaratnya bersama dengan kata-kata.

Amberlee menambahkan, "Hal terbesar adalah tidak menyerah bahkan ketika kamu berpikir sesuatu yang buruk akan terjadi."

Berita Terkait

Berita Terkini