Anak

Disuruh Ayahnya Minum Alkohol, Anak Ini Alami Keracunan dan Koma

Sang ayah menuangkan segelas kecil alkohol dan meminta putranya untuk meminumnya.

Agung Pratnyawan | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Minuman beralkohol. (pexels)
Minuman beralkohol. (pexels)

Himedik.com - Orang tua seharusnya menjadi panutan bagi anak-anaknya. Tak hanya itu, orang tua juga bertanggung jawab atas apa yang terjadi pada anaknya yang masih di bawah umur.

Sayangnya, hal kontras terjadi pada keluarga satu ini. Melansir dari laman World of Buzz, seorang ayah malah memberikan alkohol pada anaknya.

Pada 12 Februari lalu, ayah yang bermarga Wang dari Wuhan itu memberikan alkohol kepada putranya yang berusia 13 tahun dengan alasan ingin 'melatih' toleransi alkohol anaknya.

Dia menuangkan segelas kecil Baijiu (sejenis alkohol yang populer di China) untuk putranya dan memintanya untuk meminumnya. Padahal gelas itu mengandung sekitar 75 gram alkohol.

Sang anak menurut dan meminumnya dalam waktu singkat. Tidak lama setelah itu, putranya tertidur.

Awalnya, ia merasa tak ada yang salah dengan sang anak. Namun, orang tuanya mulai merasa tidak nyaman ketika mereka menemukan bahwa tubuh putranya terasa sangat panas.

Mereka mencoba membangunkan tetapi dia tidak responsif. Mereka lantas membawanya ke rumah sakit, tapi saat dilarikan kondisinya masih tidak sadarkan diri.

Ilustrasi alkohol. (Pixabay/Alexas_Fotos)
Ilustrasi alkohol. (Pixabay/Alexas_Fotos)

Dokter yang datang memeriksa, Liu, mengatakan bahwa dirinya bisa mencium bau alkohol yang berasal dari bocah itu bahkan sebelum mendekat. Ketika Liu memeriksa, dia melihat wajahnya sangat memerah dan seperti koma.

Dokter mencurigai anak mereka menderita keracunan alkohol. Sehingga dokter dengan cepat memberikan perawatan. Beruntung, nyawanya masih bisa diselamatkan dan sekitar jam 2 pagi dia siuman.

Jika Anda tidak tahu, Poison Control menyatakan bahwa alkohol dapat beracun bagi anak-anak karena memiliki efek berbahaya pada anak-anak.

"Alkohol menekan sistem saraf pusat dan menyebabkan glukosa darah (gula) rendah. Anak-anak yang minum alkohol dapat mengalami kejang dan koma, mereka bahkan bisa mati," papar Poison Control.

"Itu benar-benar buruk! Walaupun mungkin baik-baik saja bagi orang dewasa untuk mengonsumsi alkohol dalam jumlah sedang, itu tidak aman untuk anak-anak dan bahkan bisa berakibat fatal," imbuhnya.

Berita Terkait

Berita Terkini