Anak

Ruam pada Balita, Kenali Penyebab Hingga Pengobatannya

Simak di sini.

Dinar Surya Oktarini | Yuliana Sere

Ilustrasi bayi menangis karena gatal. (pixabay/joffi)
Ilustrasi bayi menangis karena gatal. (pixabay/joffi)

Himedik.com - Ruam yang paling umum terjadi adalah hive. Ini juga dikenal sebagai urtikaria. Ruam dapat muncul dalam berbagai bentuk dan ukuran.

Ruam biasanya berlangsung selama beberapa jam hingga beberapa hari, namun tak menutup kemungkinan jika ini bisa terjadi selama berbulan-bulan, dikutip dari babycenter.

Penyebab

Ruam dimulai dari rasa gatal. Gatal terjadi ketika tubuh melepaskan zat kimia yang disebut histamin. Gatal biasanya disebabkan oleh gigitan serangga, reaksi makanan atau alergi binatang.

Selain itu, rasa gatal juga bisa dipicu oleh suhu atau kandungan dalam obat.

Jika anak menderita gatal karena hewan peliharaan, segera bilas badannya menggunakan air dingin. Kompres air dingin juga bisa membantu.

Ilustrasi bayi - (Pixabay/jarmoluk)
Ilustrasi bayi - (Pixabay/jarmoluk)

 

Jika gatal-gatal membuat anak tidak nyaman, tanyakan kepada dokter apakah kamu dapat memberinya antihistamin oral untuk mengurangi rasa gatal dan bengkak.

Namun jika kamu telah memberi anak antihistamin oral dan dia masih tidak nyaman, atau jika itu membuatnya mengantuk, hubungi dan tanyakan kepada dokter tentang pilihan lain.

Kadang-kadang dokter akan meresepkan steroid, seperti prednisone, untuk mengobati gatal-gatal yang tidak dapat disembuhkan oleh antihistamin.

Berita Terkait

Berita Terkini