Anak

Tes DNA Bisa Bantu Ketahui Jenis Kelamin Bayi, Akurasinya hingga 99 Persen

dr. Dennis mengatakan, akurasi yang dihasilkan lewat tes DNA ini mencapai 99 persen.

Vika Widiastuti

Ilustrasi hamil. (Pixabay/Skitterphoto)
Ilustrasi hamil. (Pixabay/Skitterphoto)

Himedik.com - Pasangan suami istri (pasutri) yang akan menyambut bayi mereka tak lama lagi, biasanya tak sabar untuk segera segera tahu jenis kelamin sang buah hati. Meski tes USG bisa mendeteksi jenis kelamin bayi, tetapi hasilnya belum tentu akurat.

Nah, kabar baiknya kemajuan teknologi turut berperan dalam membantu mengidentifikasi jenis kelamin bayi lebih akurat. Disampaikan dr Dennis Jacobus, SpPK selaku Head of Diagnos Genomics, pemeriksaan DNA yang bisa dilakukan ibu hamil adalah Non Invasive Prenatal Testing (NIPT).

Ia mengatakan, tes DNA ini bisa dilakukan lebih awal yakni sejak usia kehamilan 10 minggu.  "Prosesnya sangat mirip dengan cek darah. Sampel darah ibu hamil kita periksa untuk di cek DNA bayi. Selain jenis kelamin bayi, kelainan bawaan juga bisa di cek lewat pemeriksaan ini," ujar Dennis dalam temu media di Jakarta, Sabtu (13/4/2019).

Dennis mengatakan, akurasi yang dihasilkan lewat tes DNA ini mencapai 99 persen. Prosesnya pun sangat cepat, hanya membutuhkan waktu 1-2 minggu. Bumil juga tak perlu khawatir dengan risiko yang muncul lewat pemeriksaan ini, karena tergolong aman bagi bumil dan janin yang dikandung.

Ilustrasi ibu hamil (Unplash/@fomaolea)
Ilustrasi ibu hamil (Unplash/@fomaolea)

Ia menambahkan bahwa pemeriksaan NIPT menggunakan teknologi Next Generation Sequencing (NGS) yang merupakan teknologi terbaru di dunia dalam bidang molekuler diagnostik. 

Laboratorium Diagnos Genomics sendiri merupakan anak usaha dari Bundamedik Healthcare System. Pada tahap awal ini, Diagnos Genomics menyediakan layanan pemeriksaan Genetik di bidang kesehatan reproduksi berupa Non Invasive Prenatal Testing (NIPT) dan Preimplantation Genetic Screening (PGS). 

"SDM Diagnos didukung oleh Dokter Spesialis dan Konsultan yang kompeten, Ahli Tekhnologi Laboratorium Medik (ATLM) yang handal, termasuk tenaga genetika moIekuler yang profesional di bidangnya, sehingga akurasi dan kualitas hasil pemeriksaan yang baik dapat terpenuhi," tandasnya.

Jadi kini bagi pasutri yang masih penasaran dan ingin mendapatkan jenis kelamin bayi secara akurat bisa lakukan tes DNA. (Suara.com/Firsta Nodia)

Berita Terkait

Berita Terkini