Anak

Segudang Manfaat Tidur Siang bagi Anak, Orang Tua Wajib Tahu!

Berikut manfaat tidur siang bagi anak!

Vika Widiastuti

Ilustrasi anak tidur siang (pixabay)
Ilustrasi anak tidur siang (pixabay)

Himedik.com - Tidur siang tak hanya bertujuan untuk mengistirahatkan tubuh, tetapi juga bermanfaat untuk tumbuh kembang anak. Sebuah penelitan dari University of Pennsylvania mengungkapkan, tidur siang dapat meningkatkan prestasi anak di sekolah.

Kesimpulan ini didapat pada penelitian yang diikuti oleh 3.000 anak-anak yang tidur siang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa anak-anak yang rutin tidur siang lebih sedikit mengalami masalah perilaku dan prestasi akademiknya lebih baik di antara manfaat lainnya.

Namun terlepas dari ini, ada berbagai manfaat kesehatan lainnya dari tidur siang. Apa saja? Berikut manfaat tidur siang bagi anak dilansir Suara.com dari thehealthsite.

1. Tingkatkan kreativitas
Sebelum anak Anda belajar aktivitas baru atau bahkan untuk kelas bahasa, pastikan ia tidur siang sebelum menghadiri kelas itu. Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Biological Physiology menyebutkan bahwa otak anak yang tidur siang dapat mencatat pembelajaran motorik yang lebih baik, dibandingkan dengan mereka yang tidak tidur siang.

Anak bermain mainan balok [shutterstock]
Ilustrasi kreativitas anak terlihat saat bermain dengan mainan edukatif. [shutterstock]

2. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Tidur siang dapat mengurangi hormon stres seperti kortisol dan neuroendokrin di dalam tubuh yang meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak Anda.

Segudang Manfaat Tidur Siang bagi Anak, Orang Tua Wajib Tahu! - 2
Ilustrasi anak sehat dengan sistem kekebalan tubuh yang baik. (Shutterstock)

3. Meningkatkan stamina
Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Sports menjelaskan bahwa tidur siang selama 30 menit sebelum aktivitas fisik yang intens dapat meningkatkan tingkat stamina. Ini dapat meningkatkan kinerja anak Anda.

Anak bermain di alam terbuka. (Shutterstock)
Anak-anak aktif secara fisik memiliki stamina yang baik. (Shutterstock)

4. Meningkatkan daya ingat
Jika ingin meningkatkan kinerja akademis anak Anda, pastikan ia tidur setengah jam di siang hari. Studi menunjukkan bahwa tidur siang di siang hari dapat meningkatkan retensi memori asosiatif.

Segudang Manfaat Tidur Siang bagi Anak, Orang Tua Wajib Tahu! - 4
Ilustrasi anak pintar memiliki daya ingat yang baik. (Shutterstock)

5. Menyebabkan suasana hati yang lebih baik
Ketika kurang tidur, kita menjadi mudah kesal. Hal yang sama juga berlaku pada anak. Penelitian juga menyebutkan bahwa anak-anak yang tidak tidur siang lebih cenderung kurang bahagia dan memiliki reaksi yang lebih buruk terhadap peristiwa yang membuatnya frustrasi.

Anak bahagia bersama orangtuanya, keluarga. (Shutterstock)
Anak bahagia memiliki suasana hati yang baik. (Shutterstock)

Itulah lima manfaat tidur siang bagi anak yang harus diketahui para orangtua. (Suara.com/Dinda Rachmawati)

Berita Terkait

Berita Terkini