Anak

Viral Bocah Tak Sengaja Telan Uang Koin, Begini Cara Mangatasinya!

Baru-baru ini viral seorang anak perempuan tak sengaja menelan uang koin hingga berhenti di kerongkongannya.

Vika Widiastuti | Shevinna Putti Anggraeni

Anak menelan uang koin (Facebook/Munadiroh)
Anak menelan uang koin (Facebook/Munadiroh)

Himedik.com - Curhatan seorang ibu tentang anak perempuan yang menelan uang koin tengah viral di media sosial Facebook. Pemilik akun Munadiroh tersebut mengunggah hasil CT scan anaknya yang menunjukkan keberadaan uang koin.

Hasil CT scan memperlihatkan, uang koin yang ditelan berhenti di kerongkongan anaknya. Sang ibu, Munadiroh mengaku kurang hati-hati ketika membiarkan anaknya bermain uang koin hingga tertelan.

Setelah kejadian, Munadiroh segera membawa anaknya ke rumah sakit daerah setempat. Tetapi, pihak rumah sakit menolak lantaran tidak memiliki alat untuk mengeluarkan uang koin tersebut.

Akhirnya, Munadiroh diarahkan ke rumah sakit lain untuk mengatasi kondisi anaknya. Sesampainya di rumah sakit kedua, dokter langsung menyarankan operasi pengambilan uang koin di kerongkongan anaknya.

"Hati2 para orang tua ankny jgn di kasih coin/uang receh karna tanpa di sengaja ankku telah menelannya, akhrny di larikan ke rmh sakit Adi husada, namun disana km di tolak karna alatnya tidak ada, namun pihak rumah sakit menyarankan agar di bawa ke rmh sakit karangmenjangan dan akhirnya dokter memutuskan agar di oprasi kecil, krn tdk ada jln lain," tulisnya di Facebook.

Beruntungnya, operasi pengambilan uang koin dari kerongkongan anaknya berjalan lancar. Anak Munadiroh pun masih bisa terselamatkan.

Hasil pemeriksaan anak menelan uang koin (Facebook/Munadiroh)
Hasil pemeriksaan anak menelan uang koin (Facebook/Munadiroh)

 

Akibat kejadian ini, Munadiroh pun mengimbau agar semua orang tua lebih memperhatikan anaknya ketika bermain. Karena tanpa pengawasan orang tua bisa mempertaruhkan nyawa anak.

Selain anak Munadiroh, sebetulnya sudah banyak kasus anak-anak menelan uang koin. Cara orang tua mereka mengatasinya pun sangat beragam. Tetapi yang perlu diketahui, hal ini bisa membahayakan nyawa anak.

Melansir dari Sharp Health News, Anda perlu memahami cara mengatasi anak yang tidak sengaja menelan koin. Dalam hal ini, Anda disarankan tetap tenang ketika menolong anak.

1. Pastikan bahwa anak tidak tersedak ketika menelan koin atau benda kecil lainnya ketika hendak menolong.

2. Jika anak kesulitan bernapas atau berbicara setelah menelan koin, hubungi ambulans atau dokter segera untuk menolong anak Anda.

Anak yang menelan koin (Facebook/Munadiroh)
Anak yang menelan koin (Facebook/Munadiroh)

 

3. Apabila uang koin bersarang di kerongkongan, perhatikan anak menunjukkan tanda-tanda peningkatan air liur, kesulitan menelan, muntah, sakit leher, sakit dada atau batuk.

Jika iya, makan kondisi ini sudah cukup serius sehingga Anda harus segera membawa anak ke rumah sakit agar mendapat bantuan medis.

4. Jika koin bersarang di usus lalu menyebabkan robeknya dinding usus, tinja gelap dan berdarah, coba hubungi dokter.

5. Jika anak menunjukkan tanda-tanda sakit perut, muntah dan usus berbunyi, maka segera bawa anak ke unit gawat darurat.

Berita Terkait

Berita Terkini