Info

5 Cara Agar Otak Tetap Aktif pada Usia 80 Tahun, Terapkan Yuk!

Ayo mulai terapkan gaya hidup dehat ini!

Vika Widiastuti

Lansia. (pixabay/stevepb)
Lansia. (pixabay/stevepb)

Himedik.com - Otak akan mulai melambat saat seseorang berusia 50 tahun lebih. Nah, untuk menghindari penurunan kognitif, Anda perlu melakukan hal-hal yang berdampak baik pada kesehatan otak.

Selain itu, beberapa kebiasaan juga membuat otak akan lebih tahan terhadap penuaan dan penyakit. Jadi tak ada salahnya untuk mencoba kegiatan berikut sesegera mungkin.

Berikut adalah kegiatan yang perlu anda praktikkan untuk menghindari degenerasi otak pada usia 90 seperti dilansir dari thehealthsite.

1. Terus bergerak

Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan di JAMA Open Network, orang yang berjalan 10.000 langkah setiap hari selama periode setengah baya, memiliki otak 2,2 tahun lebih muda dibanding otak orang yang tidak berjalan atau berolahraga.

Menurut sebuah studi tahun 2018 yang diterbitkan di National Institute of Health, Amerika Serikat, olahraga bisa mengurangi risiko depresi pada orang lanjut usia dan meningkatkan kesehatan mental.

Aktivitas berjalan atau berolahraga akan merangsang pelepasan bahan kimia yang membantu pertumbuhan sel-sel otak dan pembuluh darah yang mengurangi stres dan meningkatkan kualitas tidur.

Ilustrasi jogging. (Shutterstock)
Ilustrasi jogging. (Shutterstock)

 

2. Konsumsi sayuran berdaun hijau

Menurut hasil penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Neurology, mengonsumsi satu porsi sayuran berdaun hijau bisa membuat otak 11 tahun lebih muda. Sementara, menurut studi di Frontiers in Aging Neuroscience, lutein yang merupakan karotenoid alami, yang ditemukan dalam kangkung dan bayam dapat memperkuat materi kelabu dan meningkatkan daya ingat.

3. Bermain teka-teki silang

Berdasarkan International Journal of Geriatric Psychiatry, bermain games seperti sudoku dan teka-teki silang bisa meningkatkan keterampilan dalam pemecahan masalah serta membuat otak secara signifikan lebih tajam. Selain itu, teka-teki silang juga membuat otak 10 tahun lebih muda.

Ilustrasi sudoku. (Pixabay/JeromeWare)
Ilustrasi sudoku. (Pixabay/JeromeWare)

 

4. Tidur yang cukup

Menurut National Institute of Health, tidur paling tidak 8 jam akan meningkatkan produksi hormon yang membantu meningkatkan daya ingat dan kewaspadaan.

5. Kontrol tekanan darah

Berdasarkan National Institute of Aging, hipertensi pada usia 50 tahun bisa meningkatkan risiko gangguan kesehatan mental pada tahap selanjutnya.

Anda bisa mengonsumsi cokelat hitam, memperbaiki postur tubuh, dan melatih pola pernapasan untuk membantu menurunkan tekanan darah.

Berita Terkait

Berita Terkini